RI Hujan Lebat-Cuaca Ekstrem Beruntun, BMKG Ungkap Kapan El Nino Habis

RI Hujan Lebat-Cuaca Ekstrem Beruntun, BMKG Ungkap Kapan El Nino Habis

Emakgosip – RI Hujan Lebat-Cuaca Ekstrem Beruntun, BMKG Ungkap Kapan El Nino Habis. Dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan dengan intensitas sedang-lebat disertai kilat/ angin kencang di sebagian wilayah Indonesia masih berpotensi berlanjut hingga 18 Maret 2024 nanti.

Bahkan, sejumlah wilayah diingatkan agar siaga menghadapi potensi bencana hidrometeorologi untuk tanggal 14-16 Maret 2024. Akibat adanya tren peningkatan curah hujan kategori lebat.

Wilayah Yang Di Minta Siaga tersebut adalah:

– Banten
– Kalimantan Tengah
– Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, ada wilayah yang diminta Waspada, yaitu: RI Hujan Lebat Cuaca Ekstrem

– Bengkulu
– Lampung
– Jawa Barat
– Jawa Tengah
– DI Yogyakarta
– Jawa Timur
– Bali
– Nusa Tenggara Barat
– Kalimantan Tengah
– Sulawesi Selatan
– Maluku
– Papua.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengungkapkan, kondisi cuaca saat ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. BMKG, kata dia, terus melakukan pemantauan secara berkesinambungan. Terutama mengenai potensi dampak yang diakibatkan.

BMKG pada 7 Maret lalu telah merilis potensi hujan sedang-lebat antara tanggal 8-14 Maret 2024 di beberapa wilayah Indonesia. Yang diakibatkan signifikansi dinamika atmosfer yang meningkatkan potensi cuaca ekstrem.

Sejak saat itu, kata Dwikorita, BMKG mencatat adanya hujan dengan intensitas lebat hingga ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia sejak tanggal 8 hingga 14 Maret 2024.

Hujan kategori sangat lebat terjadi di wilayah Papua Barat (Nabire) 101,4 mm/hari dan Sulawesi Selatan (Maros) 102,9 mm/hari. Sementara itu, hujan dengan kategori ekstrem terjadi di Nusa Tenggara Timur (Kupang) 156,8 mm/hari dan Jawa Tengah (Semarang) 238 mm/hari.

“Berdasarkan analisis cuaca terkini serta mengamati perkembangan kondisi cuaca sepekan ke depan, BMKG mengidentifikasi masih adanya potensi peningkatan curah hujan secara signifikan di beberapa wilayah Indonesia,” katanya saat memberikan keterangan pers secara virtual, Kamis (14/3/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP