BMKG Ungkap Fakta Mengejutkan Penyebab Banjir Parah Hantam Semarang

BMKG Ungkap Fakta Mengejutkan Penyebab Banjir Parah Hantam Semarang

Emakgosip – BMKG Ungkap Fakta Mengejutkan Penyebab Banjir Parah Hantam Semarang. Dan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati mengungkapkan, topografi wilayah Semarang menunjukkan kondisi khusus dan berbeda dibandingkan lokasi lain.

Wilayah Semarang, kata dia, mengalami penurunan parah. Kondisi ini lah yang menyebabkan parahnya banjir yang melanda Semarang, Rabu (13/3/2024).

Sebelumnya, BNPB melaporkan, Kota Semarang dikepung banjir setelah cuaca ekstrem ditandai hujan dengan intensitas tinggi disertai petir dan angin kencang melanda di hampir sebagian besar wilayah Ibu Kota Jawa Tengah dan sekitarnya pada hari Rabu (13/3).

Berdasarkan monitoring satelit klimatologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika BMKG Ungkap Fakta per pukul 20.50-23.45 WIB, wilayah dengan dampak cuaca ekstrem ini terpantau meliputi Kota Semarang, Kabupaten Kendal, Kabupaten Semarang, Kota Salatiga, sebagian wilayah Kabupaten Demak dan Kabupaten Grobogan,” demikian keterangan tertulis BNPB.

Banjir yang melanda Semarang kali ini karena efek fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) dan pengaruh tidak langsung adanya bibit siklon. Tapi, kenapa paling parah? Itu karena memang lahan Semarang, dari hasil penelitian geologi, mengalami penurunan secara kontinu,” katanya saat memberikan keterangan pers secara virtual, Kamis (14/3/2024).

Terutama di wilayah pesisir, daratnya itu lebih rendah dari muka air laut. Menjadikan Semarang itu paling parah. Padahal pasokan hujannya sama dengan sekitarnya. Ini karena efek kondisi lahan setempat yang menurun,” terang Dwikorita.

Belum lagi, lanjut dia, terjadi banjir rob atau banjir pesisir. Menambah parah dampak curah hujan yang lebat.

Dwikorita pun memperingatkan potensi masih berlanjutnya banjir pesisir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP