Dapat Perintah Impor Beras 1,5 Juta Ton Bulog Mampu Segini

Dapat Perintah Impor Beras 1,5 Juta Ton Bulog Mampu Segini

Emakgosip – Dapat Perintah Impor Beras 1,5 Juta Ton Bulog Mampu Segini Di rektur Utama Perum Bulog Budi Waseso atau akrab. Namun yang di sapa Buwas menyebut impor beras tambahan hingga akhir tahun 2023 yang direncanakan 1,5 juta ton hanya akan datangkan sebanyak 1 juta ton. Hal ini menyusul karena Perum Bulog hanya menyanggupi impor dan terkontrak sebanyak 1 juta ton beras.

Dapat Perintah Impor Beras Sementara sisa yang 500 ribu ton, kata Buwas akan hangus. Dan tidak akan menambah kuota impor 2 juta ton pada tahun 2024.

“Yang 500 ribu (ton) langsung gak bisa carryover (di alihkan ke tahun depan). Yang carryover hanya yang terkontrak tahun ini. Kalau mau (yang 500 ribu ton) itu harus di ajukan lagi atau di tugaskan lagi oleh negara sebagai tambahan. Namun karena itu kan pengugasan 2023, ya harus terealisasi di tahun 2023 (juga).Jelasnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Rabu (8/11/2023).

Ia beruntung, dari rencana tambahan 1,5 juta ton hingga akhir tahun 2023 itu yang sudah terkontrak ada 1 juta ton. Di mana yang bisa terealisasi di tahun ini hanya sebanyak 600 ribu ton, sementara 400 ribu ton sisanya datang tahun depan.

Dengan alasan 500 ribu ton beras yang tidak bisa masuk atau kuota hangus itu. Dan karena kemampuan bongkar muat RI yang tidak menyanggupi, serta pemerintah juga mempertimbangkan harga dan kualitas dari beras tersebut.

Kita dapat menjelaskan kontrak itu terkait dengan kemampuan bongkar muat. Namun kemampuan kita tetap terjaga juga, selain harga dan kualitas. Jadi kalau seperti sekarang, dalam situasi dolar naik segala macam akan mempengaruhi harga beli. Kalau harga belinya lebih mahal dari sini.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan demikian. Yang akan berupaya agar kuota impor beras 500 ribu ton yang tidak terkontrak itu tidak hangus, dan bisa dilanjutkan importasinya pada tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP