Mahfud MD Soal Anwar Usman Tak Di Pecat MKMK Justru Putusan yang Tepat

Mahfud MD Soal Anwar Usman Tak Di Pecat MKMK Justru Putusan yang Tepat

Emakgosip –  Mahfud MD Soal Anwar Usman Tak Di Pecat MKMK Justru Putusan yang Tepat Menko Polhukam sekaligus bakal cawapres PDIP Mahfud MD menilai putusan MKMK yang mencopot Anwar Usman dari jabatan Ketua MK sudah tepat, ketimbang mencopotnya dari hakim konstitusi sudah tepat.
Mahfud mengatakan jika Anwar dipecat justru akan berpotensi di batalkan melalui mekanisme banding.

Menurut saya itu justru putusan yang tepat, karena kalau misalnya Ketua MK yang sudah jelas-jelas melakukan pelanggaran berat itu dicopot dengan tidak hormat dari jabatan hakim, dia boleh mengusulkan pembentukan MKMK baru untuk banding. Itu berisiko, bisa dibatalkan keputusan MKMK itu,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (8/11).

Mahfud menegaskan putusan MKMK terhadap Anwar telah tepat lantaran tak bisa diganggu gugat dan bersifat final sejak putusan diucapkan. Menurutnya, Anwar juga dijatuhkan sanksi tidak boleh mengadili perkara sengketa pemilu di MK.

Tapi kalau dicopot dari jabatannya dan dilarang menyidangkan perkara hasil pemilu. Namun itu sudah tepat, dia enggak bisa minta banding, sudah final mengikat dan berlaku sejak tadi malam.

Kendati demikian, Mahfud mengaku setuju secara akademis dengan dissenting opinion yang. Dan di sampaikan anggota MKMK Bintan Saragih agar Anwar di pecat.

Namun ia merasa khawatir mekanisme banding yang lahir akibat putusan pemecatan tersebut akan melahirkan polemik baru.
Secara akademis saya setuju dengan Pak Bintan Saragih, seharusnya copot aja wong sudah pelanggaran berat.Namun kalau di copot benar dia bisa naik banding, bisa minta MKMK lain yg baru untuk menilai kembali,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP