Baru Di Resmikan Jokowi Papua Barat Punya Pabrik Gas Raksasa

Baru Di Resmikan Jokowi Papua Barat Punya Pabrik Gas Raksasa

Emakgosip Baru Di Resmikan Jokowi Papua Barat Punya Pabrik Gas Raksasa. Namun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Jumat (24/11/2023) baru saja meresmikan Proyek Strategis Nasional (PSN) Kilang Gas Alam Cair (LNG) Tangguh Train 3 di Teluk Bintuni, Papua Barat.

Proyek Baru Di Resmikan Jokowi tersebut di bangun dengan investasi sebesar US$ 4,83 miliar setara Rp 75 triliun (asumsi kurs Rp 15.540 per US$).

Dengan peresmian ini, artinya Kilang LNG Tangguh menjadi pabrik gas terbesar di RI.

Presiden Jokowi di dampingi oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Pj.Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere; Bupati Bintuni Petrus Kasihiw, Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto, BP EVP Gas & Low Carbon Energy Anja Isabel Dotzenrath dan BP Regional President Asia Pasifik Kathy Wu.

Puji dan syukur, alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan Proyek Tangguh Train 3, penghasil gas bumi terbesar di Indonesia. Dan di ungkap Presiden Jokowi saat peresmian, Jumat (24/11/2023).

Proyek Liquefied Natural Gas (LNG) yang berlokasi di Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat tersebut. Yang akan maningkatkan kapasitas produksi gas Tangguh menjadi 11,4 juta ton per tahun.

Proyek ini akan meningkatkan kapasitas produksi tahunan Tangguh LNG menjadi 11,4 juta ton per tahunnya. Namun berkontribusi signifikan untuk mendukung target produksi gas 12 standar kaki kubik per hari pada tahun 2030,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Presiden sekaligus melakukan groundbreaking pengembangan 3 proyek lain di Papua Barat. Yang merupakan bagian dari proyek hulu minyak dan gas (migas) beserta turunannya. Yakni Proyek Carbon Capture, Utilization, and Storage (CCUS) Ubadari, dan proyek hilirisasi Blue Ammonia Asap Kido Merah. Dan juga kita akan groundbreaking proyek Ubadari CCUS dan proyek hilirisasi. Blue Ammonia dan proyek lapangan migas Asap Kido Merah,” lanjut Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP