Mimpi RI Jadi Pemain Raksasa Baterai EV Segera Terwujud

Mimpi RI Jadi Pemain Raksasa Baterai EV Segera Terwujud

Emakgosip Mimpi RI Jadi Pemain Raksasa Baterai EV Segera Terwujud. Namun Rencana Indonesia untuk menjadi raja baterai kendaraan listrik dunia sudah di depan mata. Hal tersebut seiring dengan produksi baterai dari Indonesia Battery Corporation (IBC) sebesar 50 Giga Watt hour (GWh) di tahun 2034 mendatang.

Direktur Indonesia Battery Corporation (IBC) Toto Nugroho mengatakan berdasarkan roadmap atau peta jalan yang telah di susun. Dan pihaknya menargetkan produksi baterai sebesar 10 GWh pada 2024. Namun selain itu, pada periode tersebut, pihaknya juga menargetkan pembangunan stasiun penukaran baterai listrik sekitar 5000 unit. Namun dengan 1000 unit stasiun pengisian kendaraan listrik.

Mimpi RI Jadi Pemain Raksasa. Ini di lakukan untuk mencapai target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 13% pada tahun 2024. Selanjutnya pada tahun 2034, IBC akan meningkatkan kapasitas produksinya menjadi 50 GWh.

Nah di 2034 ini yang bisa kita lihat bahwa Indonesia memproduksi sekitar 50 GWh baterai. Ini untuk roda 2 dan roda 4 dan juga untuk Energy Storage System (ESS),” kata dia dalam RDP bersama Komisi VII, Senin (27/11/2023).

Menurut Toto, pembangunan Sistem Penyimpanan Energi atau Energy Storage System (ESS) cukup pentin. Di lakukan untuk mendukung pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) di Indonesia.

Bahwa kita, IBC berperan dalam mendukung tujuan NZE melalui adopsi ESS yang sebenarnya sangat strategis untuk EBT kita hingga 3,5 GWh untuk tahun 2030,” katanya.

Adapun pada periode 2034 mendatang, pihaknya juga telah memetakan untuk pembangunan stasiun. Namun pengisian baterai kendaraan listrik sejumlah 11 ribu unit dan stasiun penukaran baterai hingga 119 ribu unit.

“Ini yang kami kerjakan juga tentunya dengan support dari teman-teman PT Antam. Dan bagaimana kita melakukan hilirisasi dari hulu sampai hilir, sehingga produksi baterai, baik untuk ESS ataupun untuk EV terjadi di Indonesia. Dengan melakukan hilirisasi tambang dari Antam dan ini kerjasama yang saat ini sudah di kerjakan, terutama dengan CATL.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP