RI Tangkap Kapal Maling Ikan Filipina Ada Barang Misterius

RI Tangkap Kapal Maling Ikan Filipina Ada Barang Misterius

Emakgosip – RI Tangkap Kapal Maling Ikan Filipina Ada Barang Misterius. Dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) berhasil menangkap satu unit kapal asing pencuri ikan berbendera Filipina. Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 716 Laut Sulawesi. Setelah sebelumnya KKP juga melakukan pengamanan rumpon-rumpon ilegal di perairan perbatasan RI-Filipina.

RI Tangkap Kapal Maling Ikan Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP). Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin menyampaikan bahwa penangkapan kali ini berhasil di lakukan pada saat operasi pengawasan Kapal Pengawas Kelautan dan Perikanan Hiu 15 di bawah kendali Pangkalan PSDKP Tahuna.

Berdasarkan laporan kejadian atas peristiwa yang terjadi, kapal asal Filipina ini diduga melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan kapal pump boat dengan alat tangkap Hand Line di Perairan Laut Sulawesi tanpa dilengkapi dokumen perizinan yang sah dari Pemerintah Indonesia,” kata Adin dalam keterangan tertulisnya Selasa (28/11/2023).

Adin menyebut keberadaan kapal bernama FB. CA. AM 02 tersebut pada awalnya terdeteksi oleh KP. Hiu 15 berada di dalam Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) pada titik koordinat 04° 55.589’N-124°55.871’E, kurang lebih 2 mil laut dari garis batas ZEE Indonesia-Filipina, pada hari Rabu, 22 November 2023 sekitar pukul 17.17 WITA .

KP. Hiu 15 kemudian melakukan pengejaran hingga kapal tersebut tertangkap pada titik koordinat 04°54.704’N-124°55.719’E, pukul 17.29 WITA. Pada saat dilakukan pemeriksaan oleh petugas, kapal tersebut diawaki oleh dua orang ABK berkebangsaan Filipina. Dengan membawa muatan ikan lemadang kering kurang lebih 10 kg dan cumi kering kurang lebih 2 kg. Keberadaan kedua ikan kering ini masih menjadi misterius dan tengah diselidiki oleh PSDKP KKP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP