AS Hengkang China Jadi Masuk Hilirisasi Batu Bara RI

AS Hengkang China Jadi Masuk Hilirisasi Batu Bara RI

Emakgosip AS Hengkang China Jadi Masuk Hilirisasi Batu Bara RI. Dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan, pasca hengkangnya perusahaan asal Amerika Serikat (AS) dari proyek hilirisasi batu bara dalam negeri yakni perusahaan petrokimia Air Products and Chemical Inc., pemerintah terus membuka kesempatan bagi investor asing untuk bisa melanjutkan proyek tersebut.

Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan bahwa saat ini pemerintah terus mencari investor yang cocok untuk melakukan hilirisasi batu bara dalam negeri salah satunya dari negara China.

Adapun negara lain seperti Amerika Serikat dan Afrika Selatan juga memiliki teknologi dalam melakukan hilirisadi batu bara dalam negeri.

Secara teknologi kan yang saya tahu adanya di Amerika Serikat, sama dulu ada di Afrika Selatan, ada tuh Sasol (pabrik konversi batu bara Afrika Selatan). Tapi sekarang China juga udah punya hal seperti itu,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (28/11/2023).

AS Hengkang China Jadi Masuk, Dadan mengatakan saat ini Indonesia membuka kesempatan pada investor asing. Yang memiliki teknologi hilirisasi batu bara yang memadai untuk bisa mengembangkan program hilirisasi batu bara dalam negeri.

Kita basisnya itu terbuka, investasi terbuka untuk siapapun yang bisa berikan manfaat lebih saja. Dan untuk negara dan itu basisnya kan business-to-business antara perusahaan nasional yang melakukan kerja sama,” tambah Dadan.

Saat ini perusahaan pertambangan batu bara dalam negeri juga terus berupaya. Yang dalam mencari investor agar bisa menjalankan program hilirisasi batu bara di Tanah Air.

Tapi upaya-upaya ini terus jalan misal PTBA, KPC, Arutmin, Berau, Kideco Jaya Agung. Itu sekarang lagi berupaya melakukan itu (hilirisasi). Kenapa, karena kebijakan pemerintah ESDM aturannya adalah untuk peraturan pertambangan itu harus ada hilirsasinya ya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP