KPK Segera Periksa Anggota BPK Pius Lustrilanang

KPK Segera Periksa Anggota BPK Pius Lustrilanang

Emakgosip KPK Segera Periksa Anggota BPK Pius Lustrilanang. Dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan segera memeriksa Anggota VI Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Pius Lustrilanang dalam kasus korupsi. KPK menyebut Pius akan di periksa pada Kamis, (30/11/2023).

KPK Segera Periksa Anggota Penyidik menjadwalkan pemanggilan pada Kamis,” kata juru bicara KPK Ali Fikri, di kutip pada Rabu, (29/11/2023).

Sebelumnya, KPK sebenarnya memanggil Pius untuk di periksa pada Senin, (27/11/2023). Akan tetapi hari itu Pius mengirim surat menyatakan tidak bisa hadir dengan alasan sakit. Karena itulah, KPK membuat jadwal pemeriksaan baru pada Kamis pekan ini.

Pius diperiksa KPK setelah namanya terseret dalam kasus korupsi penjabat Bupati Sorong Yan Piet Mosso.

KPK menetapkan Piet dan bawahannya menyuap auditor Kantor Perwakilan BPK Papua untuk memanipulasi hasil laporan pemeriksaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sorong.

Tiga orang dari unsur auditor negara yang ditetapkan menjadi tersangka adalah Kepala Perwakilan BPK Papua Barat Patrice Lumumba Sihombing; Kasubaud BPK Papua Barat Abu Hanifa; dan Ketua Tim Pemeriksa David Patasaung.

KPK menduga jumlah uang yang di terima oleh para auditor itu sebesar Rp 1,8 miliar. Penyidik juga menyita jam tangan Rolex.

KPK belum menjelaskan alasan Pius dipanggil. Namun, komisi antirasuah itu sempat menjelaskan bahwa pemeriksaan dengan tujuan tertentu (PDTT) yang dilakukan BPK di Sorong berasal dari perintah seorang pimpinan BPK pusat.

KPK sempat menyegel, lalu menggeledah ruangan Pius beberapa waktu lalu. Dari penggeledahan ini, penyidik memboyong sejumlah bukti, yaitu catatan keuangan, berbagai dokumen dan bukti elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP