PGE Sebut Panas Bumi Jadi Energi Terbarukan Paling Potensial

PGE Sebut Panas Bumi Jadi Energi Terbarukan Paling Potensial

Emakgosip – PGE Sebut Panas Bumi Jadi Energi Terbarukan Paling Potensial. Dan PT Pertamina (Persero) terus mendorong percepatan pengembangan energi terbarukan. Salah satunya lewat panas bumi yang di kelola oleh PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE).

Di rektur Utama PGE, Julfi Hadi menyampaikan bahwa energi panas bumi berkembang menjadi energi terbarukan. Yang paling potensial untuk mengurangi karbonisasi sektor industri di Indonesia.

PGE Sebut Panas Bumi Jadi Ini di karenakan panas bumi memiliki ketersediaan terbaik di antara energi terbarukan lainnya serta dapat di kontrol. Namun selain itu dengan potensinya yang sangat besar di Indonesia, panas bumi mampu menjadi baseload hijau untuk sektor industri. Yang sebagai sumber energi terbarukan strategis yang utama,” ujar Julfi di Dubai dalam sesi talkshow “Collective Actions in Decarbonization to Support the Achievement of NDC and Net Zero Emission Target” di Paviliun Indonesia pada perhelatan Conference of Parties (COP) ke-28 di Dubai, Uni Emirat Arab, dikutip Senin (4/12/2023).

Berdasarkan Rencana Umum Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PLN tahun 2021-2030. Dan dokumen hijau Pertamina Geothermal Energy, secara keseluruhan industri panas bumi Indonesia di perkirakan akan berkontribusi hingga 16 persen dari total target dekarbonisasi nasional di tahun 2030.

Jika pertumbuhan Pertamina Geothermal Energy mengikuti rencana skenario agresif. Pertamina Geothermal Energy sendiri akan berkontribusi terhadap 5 persen pengurangan karbon nasional pada tahun 2030. Dan berkontribusi 89 juta ton penghindaran CO2 selama 10 tahun kedepan,” kata Julfi.

Selain itu Perseroan juga memiliki inisiatif beyond geothermal untuk mendorong upaya dekarbonisasi.

Strategi yang kami jalankan diantaranya dengan menjajaki bisnis rendah karbon. Yaitu green hydrogen dan green methanol serta mempromosikan sistem kredit karbon di Indonesia yang sedang berkembang dengan memasok kredit karbon ke agregator utama Pertamina Geothermal Energy. Namun Pertamina New Renewable Energy (PNRE),” ungkap Julfi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP