Putin Tiba-Tiba Terbang Ke Arab

Putin Tiba-Tiba Terbang Ke Arab

Emakgosip Putin Tiba-Tiba Terbang Ke Arab. Ia di laporkan mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi.

Kunjungan tersebut di laporkan sebagai “kunjungan kerja”. Rabu (6/12/2023) ini, ia telah berada di Abu Dhabi dan selanjutnya langsung menuju Riyadh.

Ini adalah perjalanan pertamanya ke kawasan Timur Tengah sejak perang di Ukraina di mulai pada Februari 2022. Kedua negara adalah mitra dagang utama bagi Rusia dan tetap netral dalam konflik Ukraina, termasuk menolak menerapkan sanksi yang dipimpin Amerika Serikat.

Dilaporkan Putin Tiba-Tiba Terbang Ke Arab jarang melakukan perjalanan ke luar perbatasan Rusia dalam beberapa bulan terakhir. Namun kunjungan kali ini disebut terkait hubungan internasional Kremlin dengan negara-negara minyak.

Di Abu Dhabi, Putin akan bertemu dengan Presiden UEA Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan di harapkan untuk meninjau keadaan kerja sama bilateral multifaset saat ini dan prospek perluasan hubungan lebih lanjut, serta isu-isu internasional terkini, dengan fokus pada situasi di Timur Tengah,” kata Kremlin dalam pernyataan di kutip Emakgosip International.

Di Arab Saudi, Putin akan bertemu Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman. Dalam pernyataan sama, Kremlin mengatakan keduanya akan membahas kerja sama bilateral di bidang perdagangan. Ekonomi dan investasi serta bertukar pandangan mengenai agenda regional dan internasional.

Kunjungan tersebut juga akan di ikuti oleh pertemuan Putin dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di Moskow, Kamis. Aliansi Kremlin dengan Iran semakin penting karena Teheran telah menjadi mitra dagang utama dan pemasok senjata yang dikerahkan Rusia di Ukraina.

Energi kemungkinan akan menjadi pusat diskusi antara Putin dan para pemimpin Timur Tengah. Terutama setelah pertemuan OPEC+ minggu lalu di mana Rusia, Arab Saudi, dan anggota aliansi produsen minyak lainnya sepakat untuk melakukan pengurangan produksi secara sukarela pada kuartal pertama tahun 2024.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP