Makin Banyak Negara Indonesia Tinggalkan Dolar AS

Makin Banyak Negara Indonesia Tinggalkan Dolar AS

Emakgosip – Makin Banyak Negara Indonesia Tinggalkan Dolar AS. Dan kini Bank Indonesia menambah daftar kerja sama transaksi menggunakan mata uang lokal atau local currency transaction dengan bank sentral negara lain. Pada 2024 mendatang, Indonesia dan Korea Selatan akan mengimplementasikan transaksi tanpa dolar AS, baik untuk perdagangan, investasi, maupun finansial.

Sebagai langkah awal implementasi, Makin Banyak Negara Indonesia dan Bank of Korea (BOK). Yang sepakat untuk menyusun sebuah framework LCT dalam suatu konsep panduan operasional. Inisiatif ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman kerja sama penggunaan mata uang lokal kedua bank sentral itu pada Mei 2023.

Framework ini di jadwalkan untuk di operasionalkan pada 2024, dan akan memfasilitasi transaksi antara Indonesia. Namun Korea dalam mata uang lokal sehingga mengurangi paparan terhadap risiko nilai tukar dan menurunkan biaya bisnis serta pengguna lainnya. Kata Perry selepas pertemuan dengan Gubernur Bank of Korea Rhee Chang Yong di Nusa Dua, Bali, Minggu (10/12/2023).

Kerja sama antara BI dan BOK menjadi yang keenam, setelah sebelumnya kerjasama LCT telah di sepakati antara Bank Indonesia. Yang dengan Bank Negara Malaysia, Bank of Thailand, Japan Ministry of Finance, People Bank of China, dan Monetary Authority of Singapore.

Adapun khusus dengan Korea, implementasi framework LCT akan memfasilitasi penyelesaian transaksi pembayaran lintas negara. Di area perdagangan dan di harapkan dapat meminimalisasi eksposur risiko nilai tukar dan biaya bagi pelaku usaha dan pengguna lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP