Tambang RI Punya Potensi 2 Miliar Ton Emas Siapa Pemiliknya

Tambang RI Punya Potensi 2 Miliar Ton Emas Siapa Pemiliknya

Emakgosip Tambang RI Punya Potensi 2 Miliar Ton Emas Siapa Pemiliknya Sumber daya mineral berupa emas dan tembaga yang terindikasi sebesar 2 miliar ton di temukan di tambang Onto, Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, NTB.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batu Bara dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM Moehammad Awaluddin. Yang mengatakan, potensi sumber daya mineral tersebut ditemukan oleh PT Sumbawa Timur Mining (PT STM).

Menurut Awaluddin, berdasarkan laporan perusahaan yang terakhir, temuan potensi mineral sekitar 2 miliar ton tersebut mempunyai kandungan emas. Namun demikian, batuan/ore emas yang di ekstraksi sejatinya tidak sebesar itu.

Namanya Sumbawa Mining memang dia sudah konpers dari tahun 2022 lalu ya terkait dengan di scovery emas 2 miliar. Namun bijih itu ya bukan emas itu kan ore yang mengandung emas, kalau diolah ya gak sebesar itu,” kata Awaluddin di Jakarta, dikutip Minggu (10/12/2023).

Awaluddin menyebut saat ini Badan Geologi Kementerian ESDM tengah melakukan pendataan lebih lanjut mengenai hasil temuan tersebut. Apalagi di wilayah Tambang RI Punya Potensi. Dan Onto juga terdapat keunikan tersendiri, dimana wilayah ini memiliki potensi sumber daya Panas Bumi di dalamnya.

Oleh sebab itu, penemuan oleh PT Sumbawa Timur Mining (PT STM) ini bisa menjadi masukan bagi pemerintah. Terutama untuk melihat potensi penemuan emas di wilayah lain yang terdapat sumber energi panas bumi.

Artinya ada satu sistem yang secara geologi masih muda karena ada panas bumi ada potensi untuk penemuan emas itu. Kita bisa tindak lanjuti di beberapa lokasi lain yang setipe dengan itu ini juga jadi kajian kami ke depan untuk cari lokasi yang sama dengan di Onto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP