Emakgosip  – Mahfud Mau Ombudsman RI Kayak Polandia Berani Tegur Menteri.Namun Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md menginginkan Ombudsman RI layaknya Ombudsman di negara-negara Eropa. Seperti Polandia yang memiliki posisi kuat untuk mengontrol kualitas pelayanan publik pemerintah.

Di negara-negara itu, ia mengatakan, Ombudsman mampu memanggil menteri utama dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakatnya. Kini mampu memerintahkan menteri yang bersangkutan mengubah kebijakan pelayanan publiknya.

Di Polandia ombudsman sangat berkuasa, main-main perdana menteri. Dan menteri sekalipun bisa di tegur dan diberi perintah khusus untuk mengubah kebijakan,” kata Mahfud dalam acara Penilaian Kepatuhan Penyelenggara Pelayanan Publik oleh Ombudsman, di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Sementara itu, di Indonesia menurut Mahfud Mau Ombudsman RI Ombudsman masih sebatas memberikan penilaian pemenuhan pelayanan publik beserta rekomendasinya.Pada saatnya kelak, ia ikut berharap ketika Indonesia menjadi negara maju, ombudsman akan menjadi lembaga negara yang kuat untuk membantu pembangunan.

Ke depan saya harap penyelenggara layanan publik ikut mengimplementasikan dan memahami pelayanan publik guna meningkatkan pelayanan,” tururnya.

Dalam acara tersebut, Ketua Ombudsman RI, Mokhammad Najih mengumumkan. Dengan Penilaian Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023 atau Opini Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik telah membaik di bandingkan tahun 2022.

Dari 25 kementerian, 14 lembaga, 34 pemerintah provinsi, 98 pemerintah kota, dan 415 pemerintah kabupaten. Yang di berikan penilaian, yang masuk zona hijau atau kualitas pelayanan publik tertinggi ada 414 (70,70%) atau naik dari 2022 sebanyak 272. Sementara itu, yang masuk zona kuning menyusut menjadi 133 (22,66%) dari 2022 sebanyak 250, dan zona merah 39 (6,64%) dari 64.

Dengan ditingkatkannya kementerian, lembaga, pemda yang masuk zona hijau dapat di artikan standar pelayanan publik. Dan kompetensi penyelenggara dan penyelenggara pengaduan lebih baik dari tahun 2022 dan penilaian masyarakat banyak yang positif,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP