Performa Anies Prabowo Ganjar Di Debat Capres Siapa Unggul

Performa Anies Prabowo Ganjar Di Debat Capres Siapa Unggul

Emakgosip – Performa Anies Prabowo Ganjar Di Debat Capres Siapa Unggul. Namun Indonesia telah memasuki gerbang tahun politik. Para calon presiden pun telah melakukan debat pertama yang di selenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu.

Performa Anies Prabowo Ganjar. Dan Sejumlah pengamat politik mengkritisi pernyataan yang di lontarkan oleh ketiga calon presiden. Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bersaing ketat dalam debat pertama. Di saat yang sama, Ganjar Pranowo di nilai ketinggalan karena bingung dalam branding visi dan misi.

Berikut analisis Direktur Trias Politika Strategis Agung Baskoro dan Analis Politik dan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic Arifki Chaniago tentang performa debat pertama capres peserta Pilpres 2024.

Agung menilai Anies mendominasi debat pertama dengan retorika yang baik. Dia menilai Anies punya keleluasaan menyerang gagasan dua kandidat lain karena mengusung visi “perubahan”.

Ia menilai tiga kandidat punya kesiapan yang sama menghadapi tema debat kali ini. “Di segmen 1, 2, 3, Prabowo dan Anies imbang, Ganjar keteteran. Sisanya, Anies unggul ketimbang dua lainnya,” kata Agung saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (12/12/2023).

Dia menilai, Anies juga diuntungkan dengan ketidaksiapan Prabowo pada sesi tanya jawab. Anies pun diuntungkan dengan pertanyaan-pertanyaan Ganjar yang justru memberi panggung untuk dirinya.

Arifki menyoroti penampilan Anies yang fokus mencitrakan diri sebagai seorang intelektual. Hal itu tercermin dari berbagai paparan data.

Selain itu, Anies sering melabeli jawaban pesaing-pesaingnya dengan “kurang komprehensif” ataupun menanyakan data. “Anies kan berupaya menunjukkan intelektual. Dia punya riset saintis untuk menjawab pertanyaan. Dia ingin membangun persepsi dia punya data,” ucap Arifki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP