Banjiri Terowongan Hamas Jadi Buah Simalakama Untuk Israel

Banjiri Terowongan Hamas Jadi Buah Simalakama Untuk Israel

Emakgosip Banjiri Terowongan Hamas Jadi Buah Simalakama Untuk Israel. Namun Israel di kabarkan mulai membanjiri beberapa terowongan dengan air laut. Di mana terowongan itu di klaim membentang di sepanjang jalur Gaza yang menjadi persembunyian Hamas. Upaya tentara Israel membanjiri terowongan itu di lakukan karena ingin menghancurkan jaringan bawah tanah Hamas.

Banjiri Terowongan Hamas Mengutip Emakgosip , salah seorang pejabat Amerika Serikat (AS) menyatakan bahwa

Israel dengan hati-hati menguji metode tersebut secara terbatas. Jika berhasil, banjir dapat ditingkatkan hingga merusak jaringan terowongan dalam skala lebih besar.

Namun metode ini sulit dan kontroversial. Sekalipun di terapkan dengan jumlah air yang cukup dan tekanan cukup tinggi, mungkin hanya berhasil sebagian saja. Terlebih panjang terowongan Hamas disebut dinilai bisa sampai ratusan kilometer. Hal ini juga berisiko mencemari pasokan air bersih dan merusak infrastruktur apa pun yang tersisa di permukaan.

Membanjiri terowongan juga bisa membunuh sandera yang masih ditahan Hamas di Gaza, sebagian besar diyakini berada di bawah tanah. Israel bahkan tak yakin apa metode ini akan berhasil atau tidak, kata pejabat Amerika tersebut. Namun mereka coba berhati-hati untuk hanya menguji di terowongan yang diyakini tidak ada sandera.

Sampai berita ini diturunkan, tentara Israel belum merespons atas apa dampak yang akan terjadi, akibat aksinya membanjiri terowongan dengan air laut.

Juru Bicara Hamas mengatakan, sejatinya mereka membangun terowongan termasuk untuk menahan upaya membanjirinya. “Terowongan itu dibangun insinyur terlatih dan terdidik yang mempertimbangkan semua kemungkinan serangan dari penjajah, termasuk pemompaan air. Kata Juru Bicara Hamas Osama Hamdan pada konferensi pers di Ibu Kota Lebanon, Beirut, mengutip Emakgosip, Minggu (17/12/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP