Sejak Kapan Hamas Bangun Terowongan Di Gaza? Ini Faktanya

Sejak Kapan Hamas Bangun Terowongan Di Gaza? Ini Faktanya

Emakgosip – Sejak Kapan Hamas Bangun Terowongan Di Gaza? Ini Faktanya. Namun Serangan Israel masih terus menghantam Gaza. Ini dilakukan Tel Aviv sebagai balasan atas aksi kelompok penguasa bersenjata wilayah kantong Palestina itu, Hamas, yang melancarkan serangan lintas batas ke Selatan Israel pada 7 Oktober silam.

Meski mengaku menargetkan Hamas, serangan Israel nyatanya telah membawa kerusakan besar bagi warga sipil. Sejauh ini, jumlah korban sipil yang tewas di Gaza telah hampir mencapai 20.000 jiwa.

Israel mengeklaim serangan ini di picu langkah Hamas yang membangun terowongan sebagai markas dengan akses masuk dari rumah warga atau fasilitas umum lainnya. Saat ini, Tel Aviv sedang mencoba untuk membanjiri terowongan tersebut.

Laporan yang dikutip Wilson Center mengatakan bahwa jaringan terowongan bawah tanah sepanjang 300 mil. Karena yang di kendalikan oleh Hamas, berada di sebagian besar wilayah Gaza. Beberapa pakar militer Israel mengatakan bahwa di beberapa tempat, struktur terowongan bisa mencapai kedalaman 200 kaki.

Bentangan terowongan tersebut di perkuat dengan beton, di lengkapi dengan listrik dan komunikasi. Yang memiliki simpanan makanan dan air, dan cukup besar untuk menampung pertemuan kecil, dan bahkan memungkinkan kendaraan melewatinya.

Sistem terowongan tersebut, yang di sebut oleh beberapa orang sebagai Metro Gaza. Dan karena jangkauan dan kecanggihannya, juga berada di salah satu wilayah terpadat di dunia,” tulis lembaga think tank Wilson Center, dikutip Rabu (20/12/2023).

Seperti tempat lain di kawasan ini, terowongan di bawah Gaza digunakan selama bertahun-tahun untuk menyembunyikan dan menyelundupkan barang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP