Bos Apindo Prediksi Ekonomi RI 2024 Tumbuh Maksimal 5,2%

Bos Apindo Prediksi Ekonomi RI 2024 Tumbuh Maksimal 5,2%

Emakgosip – Bos Apindo Prediksi Ekonomi RI 2024 Tumbuh Maksimal 5,2%. Namun Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2024 berada dalam rentang 4,80% (year on year/yoy) sampai dengan 5,20% (yoy).

Ketua Umum Apindo, Shinta Widjaja Kamdani menyampaikan proyeksi rentang pertumbuhan terendah yang melemah di bawah level 5% disebabkan karena faktor tren perlambatan ekonomi global akibat situasi geopolitik, inflasi, dan suku bunga yang masih tinggi.

Suku bunga kredit di Indonesia yang tinggi turut berkontribusi pada perlambatan pertumbuhan ekonomi, sejalan dengan meningkatnya biaya operasional pelaku usaha. Merujuk survei internal Apindo terhadap sekitar 2.000 pelaku usaha lintas sektor dan lintas skala usaha, pertumbuhan ekonomi 2024 di Bos Apindo Prediksi Ekonomi ada yang di kisaran 5%,” kata Shinta dalam Jumpa Pers Apindo di Jakarta, Kamis (21/12/2023).

Adapun sektor yang menyumbangkan kontribusi terbesar pada PDB, kembali di dominasi oleh sektor industri pengolahan, pertanian, perdagangan, pertambangan dan konstruksi. Yang mana di setiap sektor itu di proyeksikan akan menguasai lebih dari 10% porsi distribusi dalam PDB tahun 2024.

Sektor manufaktur juga masih akan terus berada di level ekspansif, sedangkan transportasi. Kini pergudangan sektor akomodasi makan dan minuman akan menjadi sektor dengan laju pertumbuhan terpesat.

Sektor pariwisata, lanjutnya, di prediksi dapat merealisasikan target untuk berkontribusi 4,5%. Yang dari PDB nasional seiring dengan peningkatan mobilitas kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara.

Lebih lanjut, Shinta memaparkan bahwa inflasi tahun 2024 diperkirakan akan terjaga di kisaran 3,0%. Dan sedangkan nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (US$) tahun 2024 berada di kisaran Rp15.100-Rp15.600 per US$.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP