Luhut Temukan Harta Karun Langka, Bisa Jadi Raja

Luhut Temukan Harta Karun Langka, Bisa Jadi Raja

Emakgosip Luhut Temukan Harta Karun Langka, Bisa Jadi Raja. Dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa pemerintah berhasil menemukan ‘harta karun langka’ dalam hal ini adalah lithium. Tak tanggung-tanggung, Luhut menyatakan temuan lithium itu cukup besar.

Saya baru dapat laporan kemarin ditemukan sumber litium yang besar sekali di Indonesia. Tapi bingung juga kita punya semua ini, pemerintah berikutnya punya PR banyak banget,” ungkap Luhut Temukan Harta Karun dalam Program Kerja Kemenko Marves Tahun 2023 berserta Capaian dan Hasil Evaluasinya, Jumat (22/12/2023).

Sayangnya Luhut belum bisa membeberkan di mana lokasi temuan lithium yang cukup besar itu. Yang terang, sebelumnya Indonesia memang membutuhkan lihitum sebagai bahan baku pembuatan baterai listrik (Electric Vehicle/EV).

Bahkan, untuk mengembangkan baterai EV dengan kebutuhan lithium Indonesia sempat mencari kerjasama hingga Australia. “Kita mau cari dari Australia, sekarang kita puya lithium dan sumberya besar sekali,” terang Luhut.

Sebagaimana di ketahui, rencana Indonesia menjadi raja baterai kendaraan listrik dunia terhambat lantaran Indonesia tak memiliki lithium. Harta karun langka itu menjadi bahan campuran antara nikel dan lainnya, sementara saat ini Indonesia telah menemukan lithium dalam jumlah yang besar.

Sebelumnya, Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Mengungkapkan adanya temuan sumber daya lithium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan paans Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM. Moehammad Awaluddin mengungkapkan terdapat temuan potensi lithium yang besar di Wilayah Bledug Kuwu, Jawa Tengah. Saat ini tengah memfokuskan kajian temuan sumber lithium baru di wilayah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP