85% Bisnis Pelabuhan Israel Disebut Hancur Lebur

85% Bisnis Pelabuhan Israel Disebut Hancur Lebur

Emakgosip 85% Bisnis Pelabuhan Israel Disebut Hancur Lebur. Dan Kepala Eksekutif Pelabuhan Eilat Israel di nilai telah mengalami penurunan aktivitas sebesar 85%. Hal itu sejak militan Houthi yang didukung Iran di Yaman meningkatkan serangan terhadap pelayaran di Laut Merah,

Sebagaimana di ketahui, Houthi memainkan peran yang terus meningkat dalam konflik di Timur Tengah, tak terkecuali menembakkan pesawat tak berawak dan rudal ke Israel. Hal ini langkah Houthi untuk mendukung Palestina dalam perang Gaza, di mana Hamas juga didukung oleh Iran.

85% Bisnis Pelabuhan Israel Mengutip Resuters, Pelabuhan Eilat, menangani impor mobil dan ekspor kalium yang berasal dari Laut Mati, ukurannya tidak seberapa jika dibandingkan dengan pelabuhan Mediterania Israel di Haifa dan Ashdod yang menangani sebagian besar perdagangan negara itu.

Namun, Eilat, yang terletak berdekatan dengan satu-satunya titik akses pantai Yordania di Aqaba. Dan menawarkan pintu gerbang ke Timur bagi Israel tanpa perlu melewati Terusan Suez.

Eilat merupakan salah satu pelabuhan pertama yang terkena dampak. Yang ketika perusahaan-perusahaan pelayaran mengalihkan rute kapal untuk menghindari Laut Merah setelah Houthi mengganggu rute perdagangan utama melalui Selat Bab al-Mandab.

Tanpa Bab al-Mandab, “Anda menutup jalur pelayaran utama ke Pelabuhan Eilat. Dan oleh karena itu kami kehilangan 85% dari total aktivitas,” kata CEO Gideon Golber kepada Reuters, dikutip Senin (25/12/2023).

Amerika Serikat telah mengumumkan inisiatif keamanan multi-nasional untuk melindungi jalur pelayaran yang sangat penting tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP