IMF Serang Kebijakan Kebanggaan Jokowi Secara Tiba Tiba

IMF Serang Kebijakan Kebanggaan Jokowi Secara Tiba Tiba

Emakgosip IMF Serang Kebijakan Kebanggaan Jokowi Secara Tiba Tiba. Dan pemerintah lewat kebijakan hilirisasi terus menemui jalan terjal. Program kebanggaan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tak lepas dari serangan-serangan, seperti misalnya gugatan dari Uni Eropa di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) dan yang terakhir adalah Dana Moneter International (International Monetary Fund/IMF).

IMF Serang Kebijakan Kebanggaan Jokowi atas kebijakan hilirisasi di Indonesia menjadi salah satu sorotan pembaca Emakgosip Indonesia sepanjang tahun 2023. Berita mengenai IMF ini masuk dalam kriteria Big Stories 2023 Emakgosip Indonesia lantaran ramai di perbincangkan pada saat itu.

Sebagaimana di ketahui, pertengahan tahun 2023 tepatnya pada Minggu (25/6/2023), IMF mengeluarkan laporan dengan judul “IMF Executive Board Concludes 2023 Article IV Consultation with Indonesia.

IMF dalam laporannya meminta pemerintah Indonesia untuk tidak melanjutkan hilirisasi khususnya pada mineral jenis bijih nikel ke sumber daya lainnya. Dan IMF menilai kebijakan ini memiliki efek rambatan kepada negara lain.

IMF juga meminta agar program hilirisasi di Indonesia di kaji ulang, terutama dari sisi analisa biaya dan manfaat. Menurut lembaga internasional pemberi utang tersebut, kebijakan hilirisasi merugikan Indonesia.

Oleh sebab itu, IMF mengimbau adanya analisa rutin mengenai biaya dan manfaat hilirisasi. Analisa ini harus diinformasikan secara berkala dengan menekankan pada keberhasilan hilirisasi dan perlu atau tidaknya perluasan hilirisasi ke jenis mineral lain.

Kebijakan industri juga harus di rancang dengan cara yang tidak menghalangi persaingan dan inovasi. Sambil meminimalkan efek rambatan lintas batas yang negatif,” kata IMF dalam laporannya Article IV Consultation, Minggu (25/6/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP