Teten Lagi Sibuk Beresin Koperasi di RI Ternyata Kondisinya Begini

Teten Lagi Sibuk Beresin Koperasi di RI Ternyata Kondisinya Begini

Emakgosip – Teten Lagi Sibuk Beresin Koperasi di RI Ternyata Kondisinya Begini. Namun Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki mengatakan, pihaknya tengah berupaya membenahi tata kelola perusahaan (Good Corporate Governance/GCG) koperasi di Indonesia, termasuk standar akuntansi koperasi untuk usaha keluarga skala mikro.

Kami juga masukan komite nasional governance guidance untuk koperasi. Jadi kita akan 100% terapkan, sebagian sudah di jalankan. Misalnya, pengurus koperasi itu nggak boleh seumur hidup jadi ketua koperasi, termasuk juga anggota keluarga dalam koperasi,” kata Teten saat ditemui di Gedung PWI, Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Teten Lagi Sibuk Beresin Koperasi Sedangkan, lanjutnya. Struktur kepengurusan koperasi di Indonesia saat ini masih banyak yang diurus oleh pengurusnya sendiri, tidak ada tenaga profesional di dalamnya.

80% koperasi kita masih diurus pengurusnya sendiri, nggak punya manajer koperasi yang profesional,” ujarnya.

Untuk itu, Teten mengatakan, pihaknya saat ini tengah mengarahkan agar koperasi-koperasi skala kecil itu bisa digabungkan menjadi satu koperasi berskala besar, utamanya untuk koperasi simpan pinjam.

Lebih lanjut, Teten menyebut jumlah koperasi di Indonesia termasuk yang paling banyak di dunia, yakni ada sekitar 130 ribu koperasi.

Ini kita sekarang sedang mengarahkan bagaimana (koperasi) yang kecil-kecil itu memang digabung. Dengan kita naikkan permodalannya Rp 500 juta, supaya masuk ke dalam skala besar,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP