Tolak Gencatan Senjata Israel Siap Serang Kota Pengungsi Rafah

Tolak Gencatan Senjata Israel Siap Serang Kota Pengungsi Rafah

Emakgosip – Tolak Gencatan Senjata Israel Siap Serang Kota Pengungsi Rafah. Sebagai Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolak usulan Hamas untuk melakukan gencatan senjata, dan mengatakan pada hari Rabu (8/2/2022) bahwa kemenangan Israel di Gaza “dalam jangkauan.”

Tidak ada solusi selain kemenangan total,” kata Netanyahu dalam konferensi pers di Yerusalem, tak lama setelah pertemuan dengan Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken, untuk membahas proposal perdamaian. “Jika Hamas bertahan di Gaza, maka hanya masalah waktu sampai terjadi pembantaian berikutnya.”

Tolak Gencatan Senjata Israel Netanyahu juga memberikan sinyal kuat bahwa militer akan segera masuk ke wilayah Gaza dekat perbatasan dengan Mesir di mana ratusan ribu pengungsi Palestina telah mengungsi ke sana.

PM Israel tersebut mengatakan pada hari bahwa pasukan Israel telah diarahkan untuk menuju ke Rafah. Yang dekat perbatasan selatan, dan di kamp-kamp di Gaza tengah. Ia menyebut daerah tersebut sebagai “benteng terakhir Hamas yang tersisa.”

Juru bicara Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB Jens Laerke, serangan ke Rafah dapat memperburuk situasi kemanusiaan di sana. Hal ini dapat menyebabkan “kehilangan nyawa warga sipil dalam skala besar,” katanya pada hari Selasa. Di kutip dari The New York Times, Kamis (8/2/2024).

Ketika militer Israel memperluas serangannya ke kota-kota selatan seperti Khan Younis dalam beberapa bulan terakhir. Namun lebih dari separuh penduduk Gaza (1,4 juta warga Palestina) telah melarikan diri ke Rafah.

Banyak warga Palestina mengatakan bahwa Rafah atau bagian mana pun dari Gaza, tidak lagi aman. Setelah melakukan beberapa upaya mencari keselamatan selama empat bulan terakhir, banyak yang merasa ketakutan dan kelelahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP