Sri Mulyani Mundur 3 Sosok Ini Diunggulkan Jadi Menkeu

Sri Mulyani Mundur 3 Sosok Ini Diunggulkan Jadi Menkeu

Emakgosip – Sri Mulyani Mundur 3 Sosok Ini Diunggulkan Jadi Menkeu. Dan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, adalah sosok yang paling santer diisukan mundur dari jajaran Kabinet Indonesia Maju. Jika kabar tersebut berujung terjadi, ada tiga nama yang dinilai cocok menduduki kursi Menkeu.

Menurut ekonom, tiga nama yang dinilai cocok mengisi kursi kosong yang ditinggalkan Sri Mulyani adalah dua mantau Menkeu Chatib Basri dan Bambang Brodjonegoro, serta Wakil Menkeu, Suahasil Nazara.

Ekonom dari Universitas Diponegoro (Undip), Wahyu Widodo, mengatakan bahwa ketiga nama tersebut dinilai ideal karena dalam tidak terafiliasi atau paling tidak bukan seorang politikus dari partai tertentu. Ketiga sosok itu merupakan murni akademisi yang sudah dikenal kalangan internasional.

“Sejarahnya itu menkeu yang paling ideal adalah seorang akademisi atau kalau bukan akademisi jelas tidak berafiliasi dengan politik. Yang memiliki visi, dan kemudian visioner melihat kondisi fiskal domestik dan juga global,” kata Wahyu kepada Emakgosip Indonesia, dikutip Minggu (11/2/2024).

Wahyu menjelaskan bahwa sebagai mantan Menkeu, Chatib tidak akan kesulitan untuk menyelesaikan tugas sebagai Menke. Di sisa masa pemerintahan Jokowi, termasuk untuk menetapkan kebijakan fiskal yang sehat di tengah panasnya tahun politik.

Menurut Wahyu, Chatib telah dikenal di dunia internasional. Dengan demikian, jika namanya di umumkan sebagai bendahara negara pengganti Sri Mulyani. Akan lebih memberikan kepastian sentimen bagi pelaku pasar keuangan. Yang seperti nama Bambang Brodjonegoro maupun Suahasil yang juga memiliki rekam jejak yang baik.

“Untuk Pak Suahasil, kan, wamenkeu, ya, beliau menunjukkan kinerja. Yang sangat baik selama ini sebagai wamenkeu, atau Pak Bambang Brodjo yang dulu juga pernah menjadi menteri di Bappenas dan Menkeu juga,” ucap Wahyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP