Jokowi Tiba Tiba Terima 9 Duta Besar di Istana, Ada Apa?

Jokowi Tiba Tiba Terima 9 Duta Besar di Istana, Ada Apa?

Emakgosip Jokowi Tiba Tiba Terima 9 Duta Besar di Istana, Ada Apa?. Dan kini Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima sembilan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) beberapa negara sahabat di Istana Merdeka, Kamis (15/2/2024). Kehadiran para dubes untuk menyerahkan surat-surat kepercayaan.

Dari pantauan Emakgosip Indonesia para dubes mulai memasuki istana negara sekitar pukul 14.00 WIB secara satu per satu. Upacara penyambutan dilakukan pada halaman istana merdeka.

Saat menemui Jokowi, terpantau juga hadir Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Adapun sembilan daftar Duta Besar yang menemui Jokowi Tiba Tiba Terima 9 Duta Antara Lain

Belarus – Raman Ramanouski

Bosnia & Herzegovina – Armin Limo

Mauritania – Weddady Ould Sidi Haiba

Jepang – Masaki Yasushi

Mesir – Yasser Hassan Farag Elshemy

Bangladesh – Tarikul Islam

Aljazair – Hassane Rabehi

Uruguay – Cristina Gonzalez

Portugal – Miguel De Mascarinhas De Calheiros Velozo

Menteri Luar Negeri Retno menjelaskan sembilan perwakilan negara sahabat itu memiliki hubungan ekonomi yang baik dengan Indonesia. Jepang misalnya sampai November 2023 lalu nilai perdaganganya sudah mencapai lebih dari US$ 34 miliar.

“Dan kita surplus Rp 3,8 miliar. Sementara investasi, Jepang juga merupakan salah satu sumber investasi besar Indonesia,” kata Retno dalam keterangan resmi, Kamis (15/2/2024).

Selanjurnya Mesif juga mitra dagang ketiga terbesar RI di Timur Tengah setelah Saudi Arabia dan Uni Emirat Arab. Sampai November tahun lalu, perdagangan RI dengan Mesir mencapai US$ 1,5 miliar dengan surplus lebih dari US$ 1 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP