Heboh Sahamnya Bakal Dikuasai RI Ini Profil Pemilik Vale

Heboh Sahamnya Bakal Dikuasai RI Ini Profil Pemilik Vale

Emakgosip Heboh Sahamnya Bakal Dikuasai RI Ini Profil Pemilik Vale. Namun Pemerintah Indonesia melalui Holding BUMN Pertambangan MIND ID hari Senin (26/2/2024) sore ini di jadwalkan akan menandatangani pengambil alihan divestasi 14% saham milik perusahaan tambang nikel yakni PT Vale Indonesia Tbk (INCO).

Pengambil alihan 14% saham itu sebagai syarat memperpanjang Kontrak Karya (KK) yang berakhir pada Desember tahun 2025 dan berubah wujud menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Dari informasi yang di terima Emakgosip Indonesia, penandatangan pengambil alihan divestasi 14% saham Vale. Yang sekaligus perpanjangan KK menjadi IUPK itu akan dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB di Jakarta.

Lantas siapa saja yang menjadi pemegang saham Vale saat ini?

Vale Canada Limited (VCL) Heboh Sahamnya Bakal Dikuasai

Saat ini, kepemilikan saham Vale Indonesia masih di dominasi oleh Vale Canada Limited yang merupakan bagian dari Vale Base Metals yang menguasai saham INCO sebesar 43,79%.

Melansir situs resminya, Vale Canada Limited yang berkantor pusat di Toronto, Kanada merupakan produsen nikel kedua terbesar di dunia. Perusahaan tersebut memproduksi nikel, tembaga, kobalt, dan platinum yang termasuk sebagai produsen terbesar di dunia.

Perusahaan tambang itu saat ini tercatat sudah memperluas usaha selain di Indonesia juga ke Inggris, Brasil, dan Jepang. Hal itu diklaim oleh perusahaan untuk mendukung produksi energi terbarukan, transportasi berbasis listrik, dan peralatan medis.

Tidak diragukan lagi, perusahaan pertambangan itu sudah beroperasi dengan sejarah lebih dari 100 tahun lamanya. Dalam mengembangkan industri pertambangan lokal dan membangun infrastruktur secara luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP