Prabowo Tegaskan RI Tak Pernah Gagal Bayar Utang

Prabowo Tegaskan RI Tak Pernah Gagal Bayar Utang

Emakgosip Prabowo Tegaskan RI Tak Pernah Gagal Bayar Utang. Namun Presiden Indonesia terpilih hasil hitung cepat atau quick count Prabowo Subianto, memberikan pandangannya soal pengelolaan utang. Menurutnya, Indonesia tidak pernah default atau gagal bayar utang.

Saya pikir Indonesia memiliki catatan yang baik, kita tidak pernah mengalami default di sejarah perekonomian Indonesia,” kata Prabowo Tegaskan RI di acara Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta, Selasa (5/3/2024).

Prabowo menambahkan, utang secara tidak langsung memang di wariskan setiap pemerintahan. Dimulai dari Presiden Sukarno, Soeharto hingga Joko Widodo (Jokowi) selalu ada penambahan utang yang bertujuan untuk mendorong perekonomian.

Kita punya debt to GDP ratio terendah juga sekarang 39% kan? kita well under the mandatory 3%,” ujarnya.

Tahun ini defisit APBN diproyeksinya menjadi 2,6-2,8% atau naik dari 2023 yang sebesar 1,65% PDB. Menurut Prabowo, level tersebut tidak masalah karena masih di bawah batas.

Proyeksinya kita akan bisa dapati 2,6-2,8% dan itu masih di bawah mandatory 3%,” kata Prabowo.

Indonesia memang tidak pernah default, tetapi dari catatan sejarah utang, negara ini pernah menelan pil pahit. Indonesia pernah berutang hingga mencapai 13,21 miliar SDR ke IMF.

Pinjaman IMF menjadi “obat pahit” bagi Indonesia karena justru membuat ekonomi Indonesia limbung. Ada 50 butiran kesepakatan dalam perjanjian dengan IMF yang membuat perekonomian Indonesia ambruk mulai dari likuidiasi 16 bank hingga penerapan nilai tukar mengambang atau sesuai pasar. Kondisi ekonomi Indonesia bahkan memburuk yang berdampak besar terhadap kehidupan sosial dan politik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP