Ini Penyebab Kopilot Batik Air Ketiduran Dan Kini Terungkap

Ini Penyebab Kopilot Batik Air Ketiduran Dan Kini Terungkap

Emakgosip – Ini Penyebab Kopilot Batik Air Ketiduran Dan Kini Terungkap. Dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melaporkan pilot dan kopilot maskapai Batik Air tidur dalam penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara ke Jakarta pada 25 Januari 2024.

Mengutip Laporan Investigasi Penerbangan di laman KNKT, dikutip Sabtu (9/3/2024), pilot awalnya meminta izin untuk istirahat kepada kopilot. Kopilot dengan sadar mengambil alih tugas pilot.

Akan tetapi saat pilot bangun tidur, dia melihat kopilot juga tertidur. Menurut keterangan pemandu lalu lintas udara, ACC Jakarta pesawat Batik Air yang mereka kemudikan tidak merespons selama 28 menit.

Berdasarkan catatan KNKT, pilot yang bertugas saat itu berusia 32 tahun, memiliki lisensi ATPL dan mengantongi 6.304 jam terbang. Sementara itu, kopilot berusia 28 tahun dan memiliki 1.665 jam terbang.

Dalam laporan pemeriksaan KNKT, pilot mendapatkan pemeriksaan kemahiran terakhir pada 12 November 2023 dengan hasil memuaskan. Ini Penyebab Kopilot juga mendapatkan hasil serupa pada 1 November 2023.

Dalam catatan KNKT, kopilot yang tertidur dalam bertugas merupakan orang tua baru yang tengah mengurus pindahan rumah. Pada 23 Januari 2023 kopilot mendapatkan jatah libur.

Kopilot pun memanfaatkan hari libur untuk memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru. Perjalanan antar rumah tersebut memakan waktu sekitar 1,5 jam.

Kemudian pada 24 Januari 2024 kopilot kembali ke rumah lama untuk mengemas beberapa barang yang belum sempat terbawa dan memindahkannya ke rumah baru. Setelah makan siang pada tanggal tersebut kopilot lanjut membereskan rumah barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP