Penerbangan Batik Air Kendari-Jakarta Ditinggal Tidur Pilot & Kopilot

Penerbangan Batik Air Kendari-Jakarta Ditinggal Tidur Pilot & Kopilot

Emakgosip – Penerbangan Batik Air Kendari-Jakarta Ditinggal Tidur Pilot & Kopilot. Namun Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) melaporkan pilot dan kopilot maskapai Batik Air tidur dalam penerbangan dari Kendari, Sulawesi Tenggara ke Jakarta.

Mengutip Laporan Investigasi Penerbangan di laman KNKT, dikutip Sabtu (9/3/2024), pilot dan kopilot ditugaskan untuk terbang dari Jakarta-Kendari pulang dan pergi menggunakan Airbus A320, dengan kode registrasi PK-LUV.

Sebelum berangkat dari Jakarta, kopilot sempat mengatakan kepada pilot bahwa dia kurang istirahat. Kemudian pilot menawarkannya untuk tidur dan kopilot beristirahat selama 30 menit. Penerbangan tersebut berlangsung lancar.

Saat tiba diKendari, pilot dan kopilot makan mie instant di dalam kokpit sembari beristirahat menunggu jadwal terbang selanjutnya. Dalam penerbangan kembali tersebut kopilot bertugas sebagai pilot yang menerbangkan pesawat atau pilot flying (PF) dan kapten pilot bertugas sebagai pilot monitor atau pilot monitoring (PM).

Persiapan dan proses terbang kembali ke Jakarta berjalan lancar. Pesawat yang mereka kemudikan memiliki nomor penerbangan BTK6723 pun lepas landas pada pukul 07.05 waktu setempat dengan total penumpang di pesawat ada 153 orang.

Pada pukul 07.37 waktu lokal, kedua pilot melepas headset mereka dan menyalakan loud speaker dengan volume kencang. “PIC (pilot) minta izin ke SIC (kopilot) untuk istirahat dan izin diberikan. Beberapa detik kemudian, PIC tertidur dan SIC kemudian mengambil alih tugas PIC sebagai PM (pilot monitoring),” tulis KNKT dalam laporannya.

Pilot kemudian sempat bangun dan menawarkan kepada kopilot untuk beristirahat. Kopilot menolak tawaran tersebut dan pilot kemudian melanjutkan tidurnya.

Dalam dokumen KNKT tertulis bahwa kopilot sadar bahwa pilot tidur dan mengambil alih tugas sebagai PM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP