Cerita BGS Debat Nadiem Pilih Sehat atau Pintar Duluan

Cerita BGS Debat Nadiem Pilih Sehat atau Pintar Duluan

Emakgosip Cerita BGS Debat Nadiem Pilih Sehat atau Pintar Duluan. Dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan ada syarat yang harus dipenuhi Indonesia untuk masuk kategori negara maju. Dia bilang syarat itu adalah upah warga Indonesia harus mencapai Rp 15 juta per bulan alias Rp 180 juta per tahun (setara US$ 13.000/tahun).

Jadi selama belum tembus itu enggak bisa masuk negara maju,” kata Budi dikutip, Senin (11/3/2024).

Budi menyampaikan hal tersebut saat acara peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP) dan Penguatan Komitmen Penerapan MPP Digital yang dihadiri kepala daerah. Kepada para kepala daerah, Budi mengingatkan bahwa tugas mereka ke depan tidak akan mudah.

Mantan bankir itu menyebut kepala daerah punya tanggung jawab membuat penduduknya punya gaji Rp 15 juta per bulan. Dia bilang target itu harus dicapai dalam waktu 6 sampai 11 tahun atau pada tahun 2030 hingga 2035.

Cerita BGS Debat Nadiem Budi menjelaskan periode tersebut adalah masa Indonesia mengalami bonus demografi. Bonus demografi terjadi ketika penduduk Indonesia didominasi oleh usia produktif 15-60 tahun. Dia mengatakan jika masa itu terlewati, maka Indonesia bisa selamanya menjadi negara berpendapatan menengah.

Dia mengatakan Brasil adalah contoh negara yang tua sebelum kaya. “Nah Brazil menurut saya sangat sulit menjadi negara maju karena populasinya sudah tua, aging. Enggak punya bahan bakar momentum untuk tembus angka US$ 13 ribu, dia baru US$ 8.200 per tahun sekarang,” ucap Budi.

Pendapatan masyarakat Indonesia saat ini masih di rentang Rp 5 juta per bulan, atau Rp 60 juta per tahun, setara US$ 4.800 per tahun dengan mayoritas penduduk muda. Maka, butuh kerja ekstra untuk menaikkan pendapatan dalam waktu 6-11 tahun hingga menjadi tiga kali lipatnya, atau Rp 15 juta per bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP