Ini Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Ini Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik

Emakgosip – Ini Pemenang Desa BRILiaN Kategori Pengembangan Wirausaha Terbaik. Dan Desa Sukomulyo sukses tercatat sebagai pemenang Desa BRILiaN untuk kategori pengembangan wirausaha terbaik.

Desa yang memiliki luas 361,670 Ha dengan penduduk 10.270 jiwa tersebut terpilih sebagai pemenang karena sukses menghidupkan beberapa unit usaha yang berkontribusi bagi perekonomian desa.

Tujuan awal kami membuat unit usaha adalah untuk memberdayakan masyarakat usia non produktif, mengingat di Desa Sukomulyo Ini Pemenang Desa BRILiaN penduduk dan sumberdaya alamnya memadai, dan semua lembaga di sini mau bersinergi memajukan desa secara bersama-sama,” ungkap Kepala Desa Sukomulyo, Subiyanto, Senin (12/3/2024).

Desa Sukomulyo memiliki beberapa produk unggulan desa yang di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Yaitu Usaha Bordir dan Batik Eco Printing, Olahan Buah Markisa, Olahan Ikan, Olahan Pisang dan Olahan Buah Kelengkeng.

BUMDes yang diberi nama BUMDes Maju Makmur Sejahtera Global Sukomulyo memiliki beberapa unit usaha desa. Ada usaha Sentra Bordir dan Batik Eco Printing, yaitu program pemberdayaan ekonomi dan pelestarian lingkungan hidup. Serta kekayaan budaya Desa Sukomulyo.

Selain itu, ada Sentra Olahan Buah Markisa dengan Produk Unggulan Sari Markisa dan Sirup Markisa. Kemudian, ada pula Sentra Budidaya Ikan, Sentra Olahan Pisang, Sentra Olahan Buah Kelengkeng. Dan usaha olahan hasil tani kebun ketahanan pangan desa dalam kelompok tani Kebun Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP