Jet Tempur China Kapal Perang Kanada Panas Dekat RI

Jet Tempur China Kapal Perang Kanada Panas Dekat RI

Emakgosip – Jet Tempur China-Kapal Perang Kanada Panas Dekat RI Hubungan China dan Kanada memanas. Ini setelah Beijing menuduh Ottawa melakukan tindakan “jahat dan provokatif” di Laut China Selatan (LCS).

Komentar dari China muncul setelah Angkatan Laut Kanada mengatakan jet tempur Beijing membahayakan sebuah helikopter dalam dua pencegatan jarak dekat di atas perairan internasional tersebut. LCS sendiri berada dekat dengan Indonesia, di mana salah satunya terkait Natuna Utara.

Menurut Menteri Pertahanan Kanada Bill Blair insiden tersebut pada Jumat malam. Ia mengatakan tindakan jet China di anggap “sangat tidak aman” dan menempatkan. Namun keselamatan semua personel yang terlibat dalam risiko yang tidak perlu”.

Hal ini pun diakui China. Namun Kementerian Pertahanan negeri itu menuduh Kanada melanggar hukum China dan internasional, membahayakan kedaulatan dan keamanan China dan merupakan tindakan jahat dan provokatif dengan motif tersembunyi.

“Fregat HMCS Ottawa Kanada menerbangkan dua serangan helikopter dengan niat. Dan yang tidak di ketahui menuju wilayah udara China di sekitar Kepulauan Xisha,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan China, Zhang Xiaogang, merujuk sebuah kepulauan yang disengketakan yang diklaim oleh China, Vietnam dan Taiwan dan juga di kenal sebagai Kepulauan Paracel.

“Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok mengorganisir angkatan laut dan udara untuk melakukan identifikasi. Dan verifikasi sesuai dengan hukum dan mengeluarkan banyak peringatan. Namun, helikopter Kanada tidak hanya menolak merespons. Akan tetapi juga mengambil tindakan provokatif seperti terbang di ketinggian sangat rendah,” kata Zhang lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP