Pengusaha Pelayaran Tiba-Tiba Teriak Soal Cicilan

Pengusaha Pelayaran Tiba-Tiba Teriak Soal Cicilan

Emakgosip – Pengusaha Pelayaran Tiba-Tiba Teriak Soal Cicilan dan Perusahaan pelayaran mengaku masih kesulitan untuk mendapat pendanaan dengan kemudahan cicilan. Padahal, kata Wakil Ketua Umum III DPP Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) Nova Y Mugijanto. Namun perusahaan pelayaran merupakan sektor padat modal sehingga membutuhkan dukungan pendanaan yang besar.

Untuk mendapatkan pendanaan, ujarnya, salah satu cara perusahaan di sektor ini mendapatkannya di pasar modal. Dan setidaknya ada 21 perusahaan pelayaran yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kapitalisasi Rp 76 triliun.

Pendanaan perbankan di Indonesia short term. Dan ternyata dari total 21 perusahaan pelayaran Indonesia di pasar modal kapitalisasinya Rp 76 triliun, gede lho. Kapitalisasi itu artinya ada kemampuan untuk me-refund senilai itu. Kalau ngomong sama perbankan, bank mau kasih Rp 1 triliun aja mikir-mikir,” katanya, Kamis (9/11/2023).

Sementara, imbuh dia, ada Undang-Undang 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran Pasal 57. Namun yang mengamanatkan pemerintah wajib memberikan fasilitas pembiayaan dan perpajakan dalam rangka memberdayakan industri angkutan perairan nasional.

Pengusaha Pelayaran Namun kondisinya saat ini, skema pembiayaan untuk pengadaan kapal masih berjangka waktu pendek dengan beban bunga yang cukup tinggi,” kata Nova.

Nova mengatakan, jenis usaha di sektor transportasi laut merupakan sektor usaha yang padat modal dan padat karya dengan tingkat pengembalian investasi yang panjang. Karena itu diperlukan skema pembiayaan dengan jangka waktu yang panjang.

Seluruh pengembangan armada baik sisi kuantitas dan sisi kualitasnya memerlukan investasi, sehingga pelayaran nasional membutuhkan lebih banyak sumber pendanaan, yang salah satunya dari pasar modal,” ujar Nova.

“IKN hampir mayoritas bahan-bahan dari luar Kalimantan, otomatis perlu kapal, nggak mungkin pake truk,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP