Presiden Prancis Desak Israel Hentikan Serangan Di Gaza

Presiden Prancis Desak Israel Hentikan Serangan Di Gaza

Emakgosip – Presiden Prancis Desak Israel Hentikan Serangan Di Gaza untuk menghentikan pengeboman dan membunuh warga sipil di Gaza. Dia mengatakan Israel tak punya legitimasi untuk melakukan serangan terus-menerus dan gencatan senjata justru akan menguntungkan Israel.

“Para bayi, para perempuan dan para orang tua dibom dan tewas, tidak ada alasan untuk terus melakukan itu,” kata Macron dalam wawancara dengan BBC sebagaimana dikutip dariĀ Aljazeera.com, Sabtu (11/11/2023).

Dia mengatakan Prancis tentu mengecam serangan yang di lakukan Hamas terhadap Israel. Macron berkata Prancis menghormati hak Israel untuk mempertahankan diri, namun tidak untuk serangan lanjutan ke Gaza.

Kemudian Presiden Prancis Desak Israel mendesak pengeboman di hentikan di Gaza, saya harap Israel akan melakukannya,” ujar dia. Macron berharap Amerika Serikat dan Inggris akan mengikuti langkah Perancis mendukung resolusi gencatan senjata di Gaza.

Harapan Macron nampaknya akan sulit terwujud, sebab Washington telah menyatakan menolak mendukung gencatan senjata. Amerika Serikat hanya memberikan dukungan untuk penghentian serangan sementara agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza.

Konflik di Gaza bermula ketika Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober 2023. Otoritas Israel menyatakan 1.200 orang meninggal dalam serangan mendadak itu.

Israel membalas serangan Hamas dengan melakukan operasi militer di Gaza melalui darat maupun serangan bom. Serangan Israel ini diperkirakan telah menewaskan 11.000 orang Palestina. Mayoritas korban adalah perempuan dan anak-anak. Israel menolak gencatan senjata dengan alasan Hamas akan mengambil keuntungan dari dihentikannya serangan mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP