Belajar Dari Raffi di AS, Masuk RI Maksimal Bawa Cash Segini

Belajar Dari Raffi di AS, Masuk RI Maksimal Bawa Cash Segini

Emakgosip – Belajar Dari Raffi di AS, Masuk RI Maksimal Bawa Cash Segini Membawa uang tunai. Yang dalam jumlah besar ke dalam suatu negara tidak bisa sembarang. Ada sejumlah ketentuan yang harus di patuhi jika tidak ingin berurusan dengan otoritas bea cukai maupun imigrasi.

Persoalan itu baru-baru ini dialami oleh artis kondang Raffi Ahmad dan istrinya, Nagita Slavina yang membawa masing-masing uang sebesar US$ 10.000 ke Amerika Serikat untuk mengikuti New York City Marathon 2023.

Ia pun disetop US Customs and Border Protection untuk dimintai keterangan. Bos Rans Entertainment ini menjelaskan bahwa besaran uang pecahan dolar itu dibawa juga untuk kepentingan tim nya yang sebanyak 15 orang.

Belajar Dari Raffi Tidak hanya di AS, aturan membawa uang tunai dalam jumlah tertentu juga berlaku di Indonesia. Mulai dari dalam bentuk peraturan pemerintah, hingga peraturan di Kementerian Keuangan, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), hingga Peraturan Bank Indonesia (BI).

Untuk aturan dalam bentuk peraturan pemerintah atau PP, tertuang dalam PP Nomor 99 Tahun 2016 tentang Pembawaan Uang Tunai dan atau Instrumen Pembayaran Lain ke Dalam atau ke Luar Daerah Pabean Indonesia. Aturan ini ditetapkan Presiden Joko Widodo pada 31 Desember 2016.

Dalam PP Pasal 2 PP No. 99/2016 di sebutkan bahwa setiap orang yang membawa. Dan uang tunai atau instrumen pembayaran lain maksimal Rp 100 juta atau yang nilainya setara dengan itu ke dalam. Atau ke luar Daerah Pabean wajib memberitahukan kepada Pejabat Bea dan Cukai.

Uang tunai sebagaimana di maksud pada ayat (1) terdiri atas. Uang dalam mata uang rupiah dari atau uang dalam mata uang asing.

Pasal 6 PP itu juga menetapkan bahwa Pejabat Bea dan Cukai yang menerima pemberitahuan akan melakukan pemeriksaan. Atas kebenaran pemberitahuan jumlah uang tunai atau instrumen pembayaran lain yang di bawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP