Dari India Jokowi Kirim Pesan Penting Untuk Palestina

Dari India Jokowi Kirim Pesan Penting Untuk Palestina

Emakgosip – Dari India Jokowi Kirim Pesan Penting Untuk Palestina. Dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menghadiri KTT Voice of Global South (VOGSS) kedua pada Jumat, (17/11/2023). Dalam pidatonya, Jokowi meminta para anggota negara selatan untuk mewujudkan perdamaian antara Hamas-Israel.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam intervensinya pada sesi perdananya. Presiden Jokowi menyoroti situasi memprihatinkan di Gaza, dan meminta para pemimpin global untuk meningkatkan upaya mereka dalam membantu mewujudkan perdamaian di wilayah tersebut.

Dari India Jokowi Kirim Pesan Yang Mulia, saat ini situasi kemanusiaan di Gaza semakin memprihatinkan. Lebih dari 11.000 orang telah menjadi korban dimana sebagian besar diantaranya adalah perempuan dan anak-anak. Namun sayangnya dunia seolah tidak berdaya untuk mencari jalan keluar,” ujar Jokowi, dikutip dari keterangan resmi, Minggu, (19/11/2023).

Di depan Perdana Menteri Narendra Modi dan pemimpin Global South lainnya, Jokowi mengajak mereka menunjukkan solidaritas bagi Palestina. Ia pun mendorong adanya gencatan senjata.

“Bantuan kemanusiaan harus dipercepat dan diperbanyak, serta yang terpenting perundingan damai harus segera dimulai,” tambahnya.

Selain soal konflik di Gaza, Jokowi juga mendorong Global South untuk bertanggung jawab dalam tata kelola global. Ia berpesan, negara berkembang tidak bisa lagi hanya menjadi konsumen dan hanya mengandalkan ekspor bahan mentah, negara berkembang harus menjadi pemain global dan menjadi bagian dari rantai pasok dunia.

Diketahui, India telah menjadi tuan rumah VOGSS perdana pada 12-13 Januari 2023 dalam format virtual yang mempertemukan 125 negara Global South.

VOGSS merupakan upaya India untuk menyediakan platform bersama untuk mempertimbangkan permasalahan. Namun kepentingan dan prioritas yang mempengaruhi negara-negara berkembang dan juga untuk bertukar ide dan solusi, dan yang paling penting, untuk menyatukan suara dan tujuan dalam mengatasi permasalahan dan prioritas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP