Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI

Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI

Emakgosip Jokowi Lantik Agus Subianto Jadi Panglima TNI. Dan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Agus Subianto menjadi Panglima TNI di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/11/2023). Agus menggantikan Laksamana Yudo Margono yang akan memasuki usia pensiun.

Dalam upacara pengangkatan tersebut dihadiri sejumlah petinggi TNI, hingga beberapa menteri kabinet Indonesia maju seperti Menkopolhukam Mahfud MD, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Jaksa Agung ST Burhanuddin, hingga Kepala BIN Budi Gunawan.

Pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden Nomor 102-TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI yang dibacakan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Kedua mengangkat Jenderal TNI Agus Subianto sebagai Panglima TNI,” kata Sekretaris Militer Laksda TNI Hersan.

Ketiga keputusan Presiden ini mulai berlaku sejak pelantikan pejabat sebagaimana diktum kedua. Ditetapkan di jakarta 22 November 2023,” sambungnya.

Jokowi Lantik Agus Subianto Kemudian acara dilanjutkan sumpah jabatan oleh Agus yang di pandu oleh Presiden Jokowi.

Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundangan dengan selurus-lurusnya. Demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Agus mengikuti Jokowi.

Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab, bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” Tambahnya.

Setelah itu dilakukan penandatanganan berita acara dan ditutup dengan pemutaran lagu Indonesia Raya.

Sebelumnya Komisi I DPR menyepakati Jenderal Agus Subiyanto, sebagai Panglima TNI baru, menggantikan Laksamana Yudo Margono. Keputusan ini disepakati setelah uji kelayakan dan uji panglima TNI yang digelar (13/11/2023).

Kemudian pada Rapat Paripurna DPR RI menyetujui laporan Komisi I DPR RI terkait pengangkatan Agus tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP