UMP Maluku Utara Naik Tinggi Berkat Hilirasasi Jokowi

UMP Maluku Utara Naik Tinggi Berkat Hilirasasi Jokowi

Emakgosip UMP Maluku Utara Naik Tinggi Berkat Hilirasasi Jokowi. Dan Upah Minimum Provinsi (UMP) Maluku Utara pada 2024 naik tertinggi. Kenaikannya mencapai 7,5% menjadi Rp 3,2 juta dari nilai tahun lalu sebesar Rp 2,97 juta.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance, Tauhid Ahmad menjelaskan, kenaikan pada UMP itu wajar, karena komponen perhitungan terkini mempertimbangkan indeks tertentu.

Dalam pasal 26 aturan PP Nomor 51 Tahun 2023, formula perhitungan Upah Minimum mencakup 3 variabel yaitu Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, dan Indeks Tertentu (disimbolkan dalam bentuk α). Indeks tertentu berada dalam rentang nilai 0,10 sampai dengan 0,30.

Kendati begitu, dengan kenaikan pertumbuhan ekonomi Maluku Utara per kuartal III-2023 yang mencapai 25,13% dan diiringi tingginya tekanan inflasi sebesar 4,31% seharusnya kenaikan UMP pekerja di sana bisa lebih tinggi dari yang saat ini.

Ya kurang lebih memang segitu idealnya tapi juga agak lebih tinggi karena tekanan inflasi tadi,” kata Tauhid kepada Emakgosip Indonesia, Rabu (22/11/2023).

UMP Maluku Utara Naik. Namun Maluku Utara tertinggi, sebetulnya secara nominal masih jauh di bawah UMP DKI Jakarta yang sebesar Rp 5,06 juta. Yang menjadikannya UMP dengan nilai tertinggi. Tapi kenaikan UMP Jakarta hanya 3,6% di banding 2023.

Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengungkapkan. Dan kenaikan UMP DKI Jakarta sebetulnya juga terbilang rendah dan berpotensi tak menjaga daya beli masyarakatnya pada tahun depan.

Sebab, tekanan inflasi pada Oktober 2023 saja mencapai 2,08% dengan pertumbuhan ekonomi per kuartal III-2023 yang hanya 4,93%. Maka upah riil minimum masyarakatnya hanya akan tergerus inflasi pada tahun depan.

Dia menganggap, seharusnya Pemda DKI memanfaatkan kewenangan khususnya di banding daerah lainnya terkait dengan penetapan. Yang upah merujuk pada Pasal 26 UU DKI Jakarta yang masih berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP