Murah Peneliti Bocorkan Harga Bahan Bakar Baru Pengganti BBM

Murah Peneliti Bocorkan Harga Bahan Bakar Baru Pengganti BBM

Emakgosip Murah Peneliti Bocorkan Harga Bahan Bakar Baru Pengganti BBM. Namun Indonesia melalui PT PLN (Persero) berhasil mengembangkan bahan bakar green hydrogen. Mengingat, green hydrogen mempunyai peran penting dalam dekarbonisasi di sektor transportasi.

Murah Peneliti Bocorkan Harga Utama Pusat Riset Konservasi dan Konservasi Energi BRIN Eniya Listiani Dewi. Yang akan menghitung harga jual bahan bakar green hydrogen di Indonesia ke depan dapat kompetitif. Mulai dari US$ 5 atau Rp 77.256 per kilogram hingga US$ 7 atau Rp 108.158 per kilogram.

Kalau saya hitung dengan renewable energy certificate (REC) sekitar US$ 5 dan kalau dengan permen ESDM bisa sampai US$ 7 dan kalau kita investasi fotovoltaik tapi ini tidak ada lahan dan baterai ini harganya bisa US$ 6,5 dollar,” ujarnya dalam acara peresmian GHP PLN di PLTGU Tanjung Priok, dikutip Rabu (22/11/2023).

Eniya menilai harga jual gren hydrogen yang di produksikan oleh PT PLN (Persero) kemungkinan jauh lebih murah apabila dibandingkan dengan negara lain. Sebagai contoh, harga bahan bakar hidrogen untuk sektor transportasi di Jepang sekitar US$ 13,7 per kilogram.

Apalagi harga green kalau kita lihat perbandingan dengan internasional, Jepang itu harganya US$ 13,7 per kg. Jadi marginnya luar biasa ini, ini kalau pasarnya dikuasai PLN juga kayaknya bukan hanya cuan tetapi potensi yang luar biasa dan demandnya sampai dengan 3000 kiloton per annum,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, PLN baru saja meresmikan 21 unit Green Hydrogen Plant (GHP) di seluruh Indonesia, pada Senin (20/11/2023). Adapun melalui GHP ini, perusahaan mampu memproduksi 199 ton green hydrogen per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP