UMP Naik Tak Sampai 5% Siap-siap Gaji Habis Buat Beli Beras

UMP Naik Tak Sampai 5% Siap-siap Gaji Habis Buat Beli Beras

Emakgosip UMP Naik Tak Sampai 5% Siap-siap Gaji Habis Buat Beli Beras. Dan Kalangan ekonomi memperkirakan tingkat konsumsi rumah tangga dalam pertumbuhan ekonomi pada 2024 akan tertekan inflasi. Berujung lemahnya pertumbuhan ekonomi pada tahun depan.

Pemicunya ialah kenaikan upah minimum provinsi (UMP) pada 2024 yang telah di umumkan pemerintah daerah rata-rata naik jauh di bawah 5%. Namun bahkan setara dengan target inflasi 2024 sebesar 1,5%-3,5%.

UMP Naik Tak Sampai 5% Artinya pendapatan masyarakat itu enggak akan mendorong katakan kenaikan konsumsi. Yang karena 3% sudah kemakan inflasi, jadi enggak cukup,” kata Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Tauhid Ahmad kepada Emakgosip Indonesia, Rabu (22/11/2023).

Tekanan inflasi terbesar tahun depan yang harus di rasakan masyarakat ialah dari sisi harga pangan bergejolak, terutama beras. Di pengaruhi efek berkepanjangan El-Nino dan mundurnya musim tanam I yang harusnya terjadi pada Agustus-Desember 2023.

Oleh sebab itu, Tauhid memperkirakan, tekanan inflasi masih sangat rentan tinggi pada paruh pertama 2024. Dan menyebabkan kenaikan upah minimum masyarakat yang terlalu sedikit hanya akan habis untuk membayar tekanan harga beras.

Per Oktober 2023 saja, inflasi harga pangan bergejolak telah naik signifikan ke level 5,54%, jauh di atas inflasi nasional yang sebesar 2,56%. Kenaikannya pun melesat dari September 2023 yang sebesar 3,62%.

Pada periode itu, Badan Pusat Statistik mencatat, beras masih menjadi penyumbang inflasi terbesar selama tiga bulan berturut-turut. Bahkan secara kumulatif dari Januari-Oktober 2023, sumbangan inflasi beras ke total inflasi mencapai 0,49%. Namun jauh di atas urutan kedua dan ketiga, yakni rokok kretek filter 0,16% dan bawang putih 0,07%.

Jadi bahwa ya sampai Januari-Februari inflasi masih lebih tinggi, terutama beras ya, karena kita tahu delay dari produksi sampai Februari nanti akan mengakibatkan inflasi masih agak rentan tahun depan,” kata Tauhid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP