Tim Ganjar Bongkar Salah Infrastruktur Jokowi Negara Rugi

Tim Ganjar Bongkar Salah Infrastruktur Jokowi Negara Rugi

EmakgosipTim Ganjar Bongkar Salah Infrastruktur Jokowi Negara Rugi. Dan Pemenangan Nasional (TPN) calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD berasumsi, infrastruktur yang dibangun Presiden Joko Widodo saat ini, tidak efektif mendorong aktivitas perekonomian dalam negeri.

Tercermin dari besarnya tambahan modal investasi yang digelontorkan malah tak membuat pertumbuhan ekonomi cepat naik atau yang kerap diukur melalui Incremental Capital Output Ratio (ICOR). Angka ICOR masih tak efisien di level atas 6% jauh di atas pertumbuhan ekonomi sekitar 5%.

Tim Ganjar Bongkar Dewan Pakar TPN Ganjar-Mahfud Sony B. Harsono menjelaskan, tidak efisiennya pembangunan pada masa pemerintahan Jokowi itu disebabkan tidak benarnya studi kelayakan atau feasibility study pada tiap infrastrukturnya.

Kalau ICOR tinggi kan enggak efisien, ada yang salah tersirat yang menyebabkan kita bangun ini kurang efisien. Kekurangan efisien ini yang harus kita telaah dari mana asalnya, salah satunya maaf ya studi kelayakan. Dan kata Sony dalam program Your Money Your Vote Emakgosip Indonesia, Kamis (23/11/2023).

Oleh karena itu, katanya, arah pembangunan pemerintahan Ganjar-Mahfud nantinya adalah membenahi setiap infrastruktur yang tidak dirancang dengan baik oleh Jokowi. Misalnya berbagai proyek jalan tol yang tidak diselaraskan dengan jalur perdagangan dan pusat ekonomi suatu daerah.

Kalau saya melihat infrastruktur yang sudah ada bisa kita manfaatkan lebih bagus dan lebih cepat karena uang sudah kita keluarkan. Salah satunya tadi jalan tol, ini masih bisa di tingkatkan efisiensinya,” tegas Sony.

Dengan membuka sumbatan-sumbatan atau kemacetan di jalur yang ada baik di Jawa maupun di Trans Sumatera. Yang harus kita bikin lagi studi lagi untuk efisiensikan tanpa kita keluarkan pengeluaran lain,” ungkapnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP