APBN 2024 Fondasi RI Jadi Negara Maju 2045

APBN 2024 Fondasi RI Jadi Negara Maju 2045

Emakgosip – APBN 2024 Fondasi RI Jadi Negara Maju 2045. Dan Pemerintah mengharapkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 tetap berlanjut pada tahun depan. Maka dari itu Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024 dirancang terkoneksi dengan kebijakan di tahun sebelumnya dan strategi dalam jangka menengah.

Wahyu Utomo, Kepala Pusat Kebijakan APBN, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjelaskan, APBN sudah berfungsi sebagai shock absorber untuk melindungi daya beli masyarakat, menjaga stabilitas ekonomi dan tetap menjaga agar pengelolaan fiskal sehat dan berkelanjutan.

Terbukti, ekonomi Indonesia mampu tumbuh positif selama delapan kuartal beruntung setelah pandemi covid-19. Inflasi juga terkendali dengan baik serta sistem keuangan yang stabil. Di sisi lain APBN tetap dalam kondisi sehat dengan defisit yang rendah terhadap produk domestik bruto (PDB).

Hal ini harus terus dilanjutkan. APBN 2023 yang solid akan menjadi fondasi yang kokoh untuk menyongsong APBN 2024. Demikian juga APBN 2024, akan mempunyai nilai strategis untuk menghantar Indonesia keluar dari midle income trap menuju Indonesia maju, adil, makmur di tahun 2045.

Sejalan dengan hal tersebut, arsitektur APBN 2024 harus mampu untuk merespons dinamika perekonomian, menjawab tantangan dan mendukung berbagai agenda pembangunan.

Tantangan Perekonomian Indonesia APBN 2024 Fondasi RI

Perekonomian ke depan masih akan menghadapi beberapa tantangan yang perlu diwaspadai. Pertama, tensi geopolitik yang makin tinggi serta dampakya kepada peta geopolitik dan per-dagangan dunia. Kedua, dampak perubahan iklim yang makin nyata dan perlu langkah antisipasi dan mitigasi.

Ketiga, perkembangan teknolo-gi digital yang sangat cepat dan memiliki dampak serius pada perubahan perilaku baik dari sisi konsumsi maupun produksi. Keempat, transisi dari pandemi ke endemi tetap perlu diantisipasi dan diwaspadai, agar transisi menuju living with endemic dapat berjalan smooth.

Berbagai tantangan tersebut pada satu sisi menjadi ancaman yang perlu diwaspadai, tetapi pada sisi lain juga menjadi peluang besar bagi perekonomian nasional untuk dapat memanfaatkan sebagai windows of opportunity munculnya sumber-sumber pertumbuhan baru dalam mewujudkan Visi Indonesia Maju 2045.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP