Harga 14% Saham Vale Mahal Segini Perkiraannya

Harga 14% Saham Vale Mahal Segini Perkiraannya

Emakgosip Harga 14% Saham Vale Mahal Segini Perkiraannya. Di rektur Avere Investama, Teguh Hidayat menyebut harga 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang akan dialihkan ke Holding BUMN Tambang MIND ID diperkirakan akan di atas nilai buku perusahaan. Adapun nilai buku INCO saat ini berada di level Rp 4.000 per saham.

Menurut Teguh apabila mengacu pada harga akuisisi saham PT Freeport Indonesia oleh MIND ID sebelumnya, maka harga saham yang akan dilepas Vale Canada Ltd (VCL) selaku pengendali saat ini bisa mencapai dua kali lipat dari nilai buku.

Nilai buku INCO Rp 4,000 per saham. Kalau pakai harga akuisisi Freeport dulu, harganya 2 kali nilai buku, jadi Rp 8,000 per saham. Tapi mungkin ketemunya di Rp 5,000 – 6,000 per saham,” kata Teguh kepada Emakgosip Indonesia, dikutip Senin (27/11/2023).

Lebih lanjut, Teguh menilai proses negosiasi harga pelepasan saham diproyeksi akan cukup panjang. Apalagi Kementerian BUMN selaku pemegang saham MIND ID ingin membeli saham INCO dengan harga yang serendah-rendahnya.

Jadi dari pemerintah maunya semurah mungkin tapi kita pakai logikanya kalau dari Vale ya tentu saja dia gak mau jual murah karena apa? Dengan adanya divestasi ini porsi pengendali Vale di INCO itu berkurang. Perusahaan itu tidak lagi dikendalikan sama mereka, logikanya kalau seperti itu harga belinya juga harus maksimal dong,” ujar Teguh.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan nilai valuasi yang ditawarkan Vale Canada Ltd (VCL) untuk melepas 14% sahamnya di INCO kepada MIND ID dinilai masih mahal

Menurut Erick, tingginya valuasi tersebut dinilai menjadi kendala dalam proses divestasi yang saat ini tengah dinegosiasikan. “Master agreement untuk 14%-nya sudah sepakat, tapi valuasinya belum. Tentu kendalanya sama kita merasa valuasi ketinggian,” ungkap Erick di Jakarta, di kutip Jumat (24/11/2023).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP