Mahfud Singgung HGU IKN Hampir 2 Abad Ini Dasar Aturannya

Mahfud Singgung HGU IKN Hampir 2 Abad Ini Dasar Aturannya

Emakgosip Mahfud Singgung HGU IKN Hampir 2 Abad Ini Dasar Aturannya. Dan Pasangan calon wakil presiden Ganjar Pranowo, Mahfud MD, mengomentari perihal Hak Guna Usaha di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) yang mencapai 190 tahun. HGU ini dinilai terlalu lama.

Mahfud Singgung HGU IKN menilai HGU dari zaman pemerintahan satu ke lainnya terus meningkat. Dahulu HGU pernah hanya 35 tahun, lalu naik menjadi 90 tahun pada jaman Presiden Suharto.

Ya HGU, HGB 190 tahun diberikan, kalau dulu pernah 35 tahun terus naik 90 tahun jaman Pak Harto itu lalu untuk mempermudah investasi pemerintah menawarkan atau sudah memberi pola untuk 190 tahun,” kata Mahfud dalam acara dialog publik bersama Ganjar Pranowo-Mahfud.

Menurutnya, HGU memang bisa diperpanjang selama beberapa generasi. Namun, ada sejumlah syarat untuk melakukan perpanjangan.

Memang itu berganti ke beberapa generasi, tapi setiap perpanjangan waktu itu kan biasanya diikuti dengan perpanjangan keterlibatan tenaga kerja pada generasi berikutnya, lahan itu tidak akan langsung dimiliki dengan sesukanya oleh investor,” kata dia.

Mahfud mengatakan pemberian HGU itu merupakan insentif agar investor mau masuk berinvestasi. Menurut dia, kebijakan HGU di IKN itu juga bisa dievaluasi.

Karena itu merupakan pancingan atau suatu insentif agar investor mau masuk. Lalu di buatlah kesepakatan seperti itu, itu tentu saja bisa di evaluasi ulang,” kata dia.

Hak Guna Usaha (HGU) sampai 190 tahun tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No 12/2023 tentang Pemberian Perizinan Berusaha, Kemudahan Berusaha, dan Fasilitas Penanaman Modal bagi Pelaku Usaha di Ibu Kota Nusantara yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 6 Maret 2023.

Pasal 2 PP tersebut menjabarkan, peraturan yang di undangkan dan berlaku mulai 6 Maret 2023 itu bertujuan untuk memberikan
kepastian, kesempatan, dan partisipasi yang lebih besar kepada pelaku usaha dalam rangka percepatan pembangunan di IKN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP