Kala Jokowi Pamer Ekonomi RI Tumbuh 5% Ke Kepala Negara Lain

Kala Jokowi Pamer Ekonomi RI Tumbuh 5% Ke Kepala Negara Lain

Emakgosip Kala Jokowi Pamer Ekonomi RI Tumbuh 5% Ke Kepala Negara Lain. Namun Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku bangga pertumbuhan ekonomi Indonesia terjaga di kisaran 5% secara beruntun sejak kuartal IV-2021 sebesar 5,02% hingga kuartal II-2023 sebesar 5,17%.

Meski sempat turun ke level 4,94% pada kuartal III-2023. Namun Jokowi mengaku tak segan memamerkan kinerja pertumbuhan ekonomi itu saat bertemu dengan kepala negara lain. Sebab, dunia tengah menghadapi tekanan ekonomi akibat konflik geopolitik hingga efek el-nino.

Kala Jokowi Pamer Ekonomi kalau kita bicara dengan kepala negara lain, dengan presiden, dengan perdana menteri kita bangga banget loh. Dengan pertumbuhan ekonomi yang masih di kisaran 5%,” kata Jokowi dalam acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2023, di kantor pusat BI, Jakarta, dikutip Kamis (30/11/2023).

Dia pun menilai, kinerja ekonomi itu harus disyukuri pada saat konflik berkecamuk di berbagai belahan dunia. Yang seperti konflik Ukraina-Rusia dan Palestina-Israel, yang membuat harga-harga komoditas bergejolak, khususnya pangan dan energi.

Panasnya tensi geopolitik itu juga menyebabkan terganggunya rantai pasokan global akibat semakin terfragmentasinya hubungan perdagangan antar negara.

Di tambah dengan efek perubahan iklim yang menyebabkan berkepanjangannya fenomena pemanasan global atau El-Nino. Dan sehingga adanya pembatasan ekspor komoditas dari berbagai negara.

Gangguannya ke mana-mana, gangguan rantai pasok global, lonjakan harga pangan, energi semua terdampak semuanya. Kemudian dampak perubahan iklim dulu kita selalu bicara perubahan iklim tapi belum kelihatan, tapi sekarang betul-betul sudah bisa kita rasakan dampaknya ke mana-mana,” ucapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP