Prakiraan Cuaca Besok BMKG Warning Angin Kencang-Hujan Petir

Prakiraan Cuaca Besok BMKG Warning Angin Kencang-Hujan Petir

Emakgosip – Prakiraan Cuaca Besok BMKG Warning Angin Kencang-Hujan Petir. Dan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis prakiraan cuaca Indonesia yang berlaku besok, hari Kamis, 7 Desember 2023 lewat tayangan video di akun Youtube resmi. BMKG memprakirakan, angin permukaan di wilayah Indonesia bagian utara umumnya di dominasi angin yang bertiup dari arah barat laut, dan di selatan Indonesia didominasi angin yang bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar 5-40 km/jam.

BMKG mengingatkan agar waspada potensi angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia. Yang seperti di aceh, Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan.

Sementara itu, suhu udara di kota-kota besar di Indonesia berkisar 20-34 derajat Celcius, dengan kelembaban udara berkisar antara 50%-100%.

Untuk prakiraan tinggi gelombang laut, waspadai potensi ketinggian gelombang 2,5-4 meter di laut Natuna bagian Utara,” tutur Prakirawan BMKG Efa Septiani, Rabu (6/12/2023).

Efa pun memaparkan prakiraan cuaca di sejumlah kota besar di Indonesia, besok.

Di Pulau Sumatra, terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di kota Banda Aceh, Padang, Pekanbaru. Sedangkan hujan dengan intensitas sedang terjadi di kota Tanjung Pinang. Dan perlu diwaspadai bagi masyarakat yang berada di kota Medan, karena terdapat potensi hujan dengan intensitas lebat.

Masih di Pulau Sumatra, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan. Perlu diwaspadai akan ada potensi hujan disertai dengan petir di Kota Jambi dan Pangkal Pinang.

Beralih ke pulau Jawa, masih terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan di Jakarta dan juga Semarang. Sementara untuk Serang, Bandung, dan Surabaya terdapat potensi hujan dengan intensitas sedang. Sedangkan, perlu diwaspadai untuk wilayah Yogyakarta, terdapat potensi hujan yang disertai dengan petir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP