RI Serius Tangani Malapetaka Iklim Ini Buktinya

RI Serius Tangani Malapetaka Iklim Ini Buktinya

Emakgosip – RI Serius Tangani Malapetaka Iklim Ini Buktinya. Dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan Indonesia benar-benar serius mengatasi masalah perubahan iklim. Dia menjabarkan dua bukti soal keseriusan itu.

Suahasil mengatakan keseriusan itu dapat terlihat dari komitmen Indonesia dalam program Nationally Determine Condition (NDC) pada 2030. Sebagaimana di ketahui, melalui program ini pemerintah menargetkan pengurangan emisi karbon sebesar 32% atau 912 juta ton Co2 pada 2030.

Malapetaka Namun selain itu, dia mengatakan pemerintah juga menargetkan Net Zero Emission pada 2060. “Dua hal ini janji Indonesia kepada dunia. Ini janji kita akan turunkan, kita turunkan emisi kita buat net zero,” kata dia dalam acara peluncuran peluncuran Program Catalytic Funding for Indonesia Impact Fund Investee in Leveraging Impact dan Incentivizing Mitigation Plans and Outcomes, di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (11/12/2023).

Dia mengatakan untuk merealisasikan tujuan tersebut, maka kerja sama lintas sektor perlu dilakukan. Tak hanya pemerintah, kata dia, sektor swasta juga harus dilibatkan.

Pemerintah mesti kerja, perekonomian, dunia usaha mesti kerja, sektor keuangan mesti kerja. Seluruh sektor riil harus kerja untuk tujuan yang sama, dan 2 janji tadi,” kata dia.

Suahasil mengatakan pemerintah selama ini selalu mengganggarkan dana di APBN untuk penanggulangan masalah iklim. Menurut dia, secara rutin anggaran tersebut di kelompokkan dalam suatu laporan yang dilabeli dengan budget tagging on climate change.

Nah yang dipakai itu ada untuk mitigasi dan ada yang untuk adaptasi dari dampak perubahan iklim, ada dan bisa dilacak,” kata dia.

Suahasil mengatakan kenda5i pemerintah telah menganggarkan, dan itu tidak akan cukup untuk menangani perubahan iklim. Dia bilang perlu sumber pendanaan lain di luar anggaran yang berasal dari pajak masyarakat. Maka itu, kata dia, perlu kerja sama lintas sektor untuk membiayai program-program tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP