Tabungan Orang Kaya RI Terkuras Belanja Natal Dan Tahun Baru

Tabungan Orang Kaya RI Terkuras Belanja Natal Dan Tahun Baru

Emakgosip Tabungan Orang Kaya RI Terkuras Belanja Natal Dan Tahun Baru. Namun Kelompok masyarakat dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan mulai mengurangi porsi tabungannya di akhir tahun 2023. Survei konsumen yang di rilis Bank Indonesia (BI) untuk bulan November menunjukkan porsi menabung kelompok menengah ke atas ini merosot dari 18% pada Oktober menjadi hanya 16,3% di November kemarin.

Penurunan ini dipicu oleh belanja akhir tahun jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru). Selain itu, banyak kaum menengah atas yang mempersiapkan libur Nataru mereka.

Sebaliknya, rasio konsumsi golongan kelompok pengeluaran di atas Rp 5 juta juga melonjak. Pada Oktober 2023, kelompok masyarakat ini menghabiskan 68,4% penghasilannya untuk berbelanja. Di November 2023, pengeluaran untuk konsumsi melonjak mencapai 72,6%.

Berdasarkan kelompok pengeluaran, rata-rata porsi konsumsi terhadap pendapatan terpantau menurun untuk semua tingkat pengeluaran, kecuali responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan,” seperti dikutip dari rilis BI, Senin (18/12/2023).

Tabungan Orang Kaya RI. Dan masyarakat golongan pengeluaran di atas Rp 5 juta sebetulnya terus merosot apabila di hitung sejak Agustus 2023. Pada bulan tersebut tercatat porsi tabungan kelompok ini berkisar di angka 18,6% dan menurun pada September menjadi 18,3%.

Besarnya porsi tabungan itu sejalan dengan masih relatif rendahnya porsi konsumsi mereka yang ada di bawah 70% dari pendapatan. Pada bulan Agustus, kelompok pengeluaran Rp 5 juta ke atas menyisihkan 69,5% dari pendapatannya untuk konsumsi dan pada September 2023 porsi konsumsi tersebut juga masih 68,3%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP