Awal Jadi Presiden Jokowi Batalkan Proyek Idaman SBY Rp100 T

Awal Jadi Presiden Jokowi Batalkan Proyek Idaman SBY Rp100 T

Emakgosip – Awal Jadi Presiden Jokowi Batalkan Proyek Idaman SBY Rp100 T. Namun Sikap calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan yang seakan enggan melanjutkan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) jika terpilih menuai sorotan. Apabila Anies benar-benar akan menghentikan proyek ini berarti dia akan memupuskan impian yang telah di utarakan Presiden Joko Widodo sejak 2019 itu.

Awal Jadi Presiden Jokowi Ganti kekuasaan, ganti prioritas pembangunan di Indonesia sebenarnya lazim terjadi. Jokowi juga pernah mengubur mimpi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyambungkan Pulau Jawa dengan Sumatera melalui proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS).

Di kutip dari detik.com, sejarah proyek jembatan Selat Sunda bisa di tarik hingga tahun 1960 ketika seorang profesor bernama. Sedyatmo mencetuskan konsep Tri Nusa Bimasakti, atau interkoneksi antar tiga pulau yakni Jawa-Sumatera-Bali.

Konsep itu mulai di lirik pada 1986 ketika Presiden Soeharto menugaskan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) untuk mengkaji Tri Nusa Bimasakti. Jembatan Akashi Kaikyo di Jepang dan Jembatan Messin di Italia menjadi role model dalam studi ini. Akan tetapi, hingga rezim Orde Baru tumbang proyek tidak dilaksanakan.

Di era Presiden Habibie wacana pembangunan jembatan ultra-panjang kembali bergulir. Habibie menugaskan menterinya untuk kembali mengkaji proyek ini. Krisis moneter yang terjadi pada 1998 membuat kajian ini terhenti.

Rencana pembangunan Jembatan Selat Sunda baru benar-benar digarap serius pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada 2004, Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung, bekerja sama dengan perusahaan milik pengusaha Tommy Winata. Artha Graha menghidupkan kembali ide proyek ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP