Israel Ultimatum Hizbullah Perang Skala Penuh Ancam Lebanon

Israel Ultimatum Hizbullah Perang Skala Penuh Ancam Lebanon

Emakgosip – Israel Ultimatum Hizbullah Perang Skala Penuh Ancam Lebanon. Namun menteri senior Israel Benny Gantz mengatakan situasi di perbatasan negaranya dengan Lebanon “harus berubah. Mengisyaratkan kemungkinan peningkatan operasi militer dengan kelompok bersenjata Hizbullah.

Gantz, anggota kabinet perang darurat Israel, mengatakan kepada wartawan pada Rabu (27/12/2023) bahwa peluang solusi diplomatik terhadap konflik antara Israel dan kelompok bersenjata di Lebanon selatan akan segera berakhir.

Situasi di perbatasan utara Israel menuntut perubahan,” kata Gantz, dilansir Al Jazeera.

Penghenti untuk solusi diplomatik sudah hampir habis, jika dunia dan pemerintah Lebanon tidak bertindak untuk mencegah penembakan terhadap penduduk Israel di utara, dan untuk menjauhkan Hizbullah dari perbatasan, maka [militer Israel] akan melakukannya. ”

Pernyataan tersebut merupakan pernyataan terbaru yang meningkatkan kekhawatiran bahwa kampanye militer Israel di Gaza dapat meledak menjadi konflik regional yang lebih luas, yang melibatkan kelompok-kelompok yang didukung Iran seperti Hizbullah.

Israel Ultimatum Hizbullah Perang, bersama dengan beberapa kelompok bersenjata kecil yang beroperasi di Lebanon selatan, telah melakukan pertukaran saling balas sejak putaran pertempuran antara Hamas dan Israel di mulai pada 7 Oktober. Dan ketika kelompok tersebut melancarkan aksinya. serangan terhadap Israel selatan yang menewaskan lebih dari 1.100 orang.

Sejak itu, Israel tanpa henti membom Gaza dalam kampanye “genosida”, menewaskan lebih dari 21.000 orang. Dan sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, dan membuat hampir 2,3 juta penduduknya mengungsi.

Serangan Israel di Gaza memicu ketegangan di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon, karena baku tembak antara pasukan Israel dan Hizbullah. Di laporkan menjadi bentrokan paling mematikan sejak kedua belah pihak terlibat perang skala penuh pada tahun 2006.

Puluhan ribu orang di Israel dan Lebanon juga telah mengungsi, dan lebih dari 150 orang. Namun sebagian besar dari mereka adalah pejuang Hizbullah. Kini tewas di pihak Lebanon sejak pertukaran dimulai, menurut penghitungan kantor berita AFP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

EMAKGOSIP